Cak Nanto Ajak Kader PM Punya Semangat Juang Seperti Kereta

0
Cak Nanto kumpul bareng dengan sejumlah kader muda Muhammadiyah Semarang usai mengisi diskusi di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Rabu malam (24/10/2018). Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com – Ketua Bidang Hikmah Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Sunanto mengajak agar kader Muhammadiyah memiliki spirit perjuangan seperti kereta. Semangat juang seperti kereta yang dimaksud yaitu berangkat bersama dan sampai bersama.

“Perkaderan di Muhammadiyah jangan seperti bis, dimana pemberangkatan dan turunnya tidak bersamaan,” kata Cak Nanto, sapaan akrabnya, ketika mengisi diskusi di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Rabu malam (24/10/2018). Diskusi diikuti oleh belasan kader Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang.

“Artinya, perkaderan kita harus kuat, solid dan berkarakter. Jadi tugas kita ke depan, maju bersama tidak boleh ada yang lepas barisan, kita rapikan dan rapatkan barisan,” sambungnya.

Disamping itu, menurut pemuda berdarah Madura itu, Spirit perjuangan pemuda Muhammadiyah harus mempunyai arah yang jelas. Dalam setiap agenda selalu ada tujuan yang hendak dicapai.

“Prinsip saya adalah harus sampai pada titik yang saya tuju,” terang mantan Ketua DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Tengah tersebut.

Cak Nanto menegaskan, kegagalan akan selalu menghantui setiap perjuangan, tak terkecuali perjuangan pemuda Muhammadiyah. Dia berharap pemuda Muhammadiyah menjadi kader militan, yang pantang menyerah. Sebab, lanjutnya, orang hebat bukan mereka yang tidak pernah gagal. Tapi orang hebat adalah mereka yang mampu bangkit setelah mengalami kegagalan.

“Saya juga sering gagal, tapi saya tidak pernah berhenti,” jelasnya.

Selanjutnya, Cak Nanto berpesan, kader-kader Muhammadiyah tidak hanya melihat keberhasilan seseorang. Tapi juga melihat proses yang dialami sebelumnya. Sebab dari sana kader bisa belajar tentang arti perjuangan yang sesungguhnya.

“Jangan lihat hasil orang saat ini atau titik akhirnya, tapi lihat proses kehidupannya,” jelasnya.

Reporter : Ilyas
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here