Gelar Tausiyah Bahasa Arab, Pondok Al-Mu’min Datangkan Syeikh Asal Mesir

0
Syeikh Zakaria dari Mesir menjadi native speaker dalam acara Tausiyah Berbahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak, Temanggung (17/11/2017). Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com – Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak, Temanggung, mengelar tausiyah Bahasa Arab bersama Syaikh Mahmud Zakaria dari Mesir, (17/11/2017). Acara berlangsung sekitar pukul 13.30 hingga pukul 15.30 di Komplek Masjid Kampus 1 Pondok Pesantren Al-Mu’min.

Pada kesempatan itu, Syaikh Zakaria menyampaikan materi tentang Mukjizat Al-Qur’an, keutamaan, dan fadilahnya bagi umat Islam. Tausiyah berbahasa Arab tersebut diikuti seluruh santri, dari seluruh unit yang meliputi MTs, MA dan SMK.

Manfaat dari tausiyah tersebut, menurut Koordinator acara Husni Assiba’i, untuk memotivasi dan mendorong para santri agar pandai berbahasa asing. Menurutnya, di zaman yang sudah maju ini santri dituntut untuk bisa berbahasa asing.

“Penting bagi santri untuk mengetahui dan mengamalkan bahasa asing karena santri akan hidup di era mendatang yang penuh dengan tantangan,” katanya.

Salah satu santri Zhafirah Nurul Husna mengatakan, kegiatan tausiyah berbahasa Arab tersebut sangat bermanfaat. Dengan acara tersebut, dirinya bisa belajar Bahasa Arab secara langsung dari orang yang sehari-hari berbahsa Arab.

“Ini dapat memotivasi santri untuk mempraktikkan menggunakan Bahasa Arab sehari-hari,” ucap santri asal Banjarnegara ini.

Tausiyah berhasa Arab di Pesantren Al-Mu’min dengan mendatangkan native speaker dari Mesir bukan kali ini saja. Hal yang sama juga pernah dilakukan, yaitu dengan Syaikh Abdul Aziz. Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut program Bahasa Arab yang tengah digalakkan pondok yang berdiri sejak tahun 1982[]

Reporter: Alifah Ayu Sulistiani & Najia Nasri Hamida
Editor: M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here