Tiga Faktor Dapat Mempengaruhi Perkembangan Amal Usaha Muhammadiyah

0
Rumah Sakir Roemani merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan. Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com – Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Bisyron Mukhtar mendorong agar daerah-daerah lebih maksimal memajukan amal usahanya. Dengan amal usaha yang maju, Muhammadiyah akan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat.

Menurut Bisyron, ada tiga faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan AUM. Pertama, kepemimpinan. Soliditas kepemimpinan sangat menentukan terhadap kemajuan AUM. Kedua, support dari seluruh komponen Muhammadiyah. Ketiga, amanah atau kepercayaan.

“Muhammadiyah besar sampai saat ini karena dikelola oleh orang-orang amanah. Muhammadiyah juga dipercaya oleh orang-orang luar Muhammadiyah,” katanya kepada Tabloid Cermin, Kamis (08/11/2018).

Data yang dihimpun tabloidcermin.com, jumlah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) saat ini sebanyak 4.471 buah. Meliputi, AUM di Bidang Pendirikan, Ekonomi, dan Sosial, ditambah kelompok Seni dan Budaya sebanyak 54 buah. Semua AUM tersebut telah mewarnai gerakan Muhammmadiyah di Jawa Tengah disamping gerakan yang bersifat kultural dan keagamaan.

Menurut Bisyron, Muhammadiyah masih memiliki banyak target untuk pengembangan dakwah ke depan.

“Satu tahun kedepan kami ingin menyelesaikan mesjid At-Taqwa di Unimus, Rumah Sakit Pemalang, Rumah Sakit Bobotsari Purbalingga, Rumah Sakit PKU Demak, Rumah Sakit Banjarnegara dan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan,” ujar Bisyron.

Reporter: Ilyas
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here