Ingat! Ini Lima Pesan Milad Muhammadiyah ke-106

0
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com – Milad Muhammadiyah ke-106 mengangkat tema “Ta’awun untuk Negeri”. Tema tersebut dipilih karena Muhammadiyah ingin menggelorakan semangat tolong menolong, kerjasama, dan membangun kebersamaan di tengah-tengah umat dan bangsa demi terciptanya negara yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

Ada lima hal yang menjadi konsen dan komitmen Muhammadiyah dalam Milad ke 106 tersebut. Pertama, secara kolektif Muhammadiyah berkomitmen menggelorakan, menyuarakan Islam berkemajuan sebagai basis nilai untuk membawa umat dan bangsa menjadi umat yang berkeadaban maju.

Kedua, Muhammadiyah dalam konteks keumatan dan kebangsaan, bahkan dalam konteks kemanusiaan universal terus menggelorakan praksis Islam, yakni nilai-nilai Islam yang mewujudkan dalam program-program kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, dan usaha-usaha pemberdayaan yang benar-benar membawa pada perubahan.
Praksis sosial Islam yang dihadirkan oleh Muhammadiyah selain menggunakan alam pikiran Islam berkemajuan, juga diusung oleh pranata sosial yang modern.

Ketiga, bagaimana dalam milad kali ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menggelorakan dan memperluas kesadaran masyarakat tentang pentingnya membangun hidup untuk kebersamaan.

Keempat, gerakan komunitas juga perlu diperhatikan, termasuk di dalamnya dakwah komunitas dan dakwah di media sosial.

Kelima, Muhammadiyah harus terus tak kenal lelah berperan dalam kehidupan kebangsaan. Di tahun politik ini tentu perbedaan kepentingan politik dan kontestasi politik akan semakin keras berlangung. Setidak-tidaknya semua pihak yang terlibat di dalam kepentingan politik akan memperjuangkan kepentingan sendiri.

Komiten Muhammadiyah tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. []

Reporter : Redaksi Cermin
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here