Masa Emas Pertumbuhan, Pendidikan Karakter Tepat Ditanamkan pada Anak

0
Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Klaten, Kamis (13/12/2018

TabloidCermin.Com, Klaten – Pendidikan karakter merupakan bekal dalam proses pendidikan anak usia dini. Hal ini penting ditanamkan sejak dini untuk membangun karakter yang kuat di masa emas pertumbuhan anak. Pendidikan karakter tidak akan berjalan mulus tanpa peran serta pendidik dan tenaga kependidikan.

Demikian hal ini diungkapkan Kasie Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Sarina.

“Maka semua yang terlibat didalamnya perlu mendapatkan perhatian. Dengan kata lain, ada prioritas yang tinggi, sebab masa depan bangsa ditentukan oleh para pendidik untuk memiliki karakter yang baik bagi pertumbuhan anak-anak di usia dini,” katanya saat mengisi seminar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terselenggara atas kerjasama HIMAPUDI Klaten dan Al-Wasath Institute yang bertempat di di Aula Masjid Raya Klaten, Kamis (13/12/2018).

Ketua Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Klaten Elly Rianingsih menyampaikan, pembangunan karakter dan pendidikan karakter menjadi suatu keharusan karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas.

“Tapi juga memiliki budi pekerti yang luhur, dan sopan-santun sehingga keberadaanya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi diri maupun lingkungannya,” ungkapnya.

Menurutnya, peran guru PAUD merupakan garda depan dan ujung tombak untuk mengajarkan, melatih dan membina pendidikan karakter kepada anak didik di lembaga masing-masing, sambungnya.

Acara seminar tersebut, lanjut Elly, dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik anak usia dini khususnya di seluruh wilayah Klaten, Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan itu sebagai peserta antara lain pengurus Himpaudi dan Guru PAUD Se-Klaten. Kasie Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Sarina resmi membuka seminar.

Faozan Amar hadir memberikan pemaparan dipandu oleh moderator Hartatik Yuni Astuti dari Kelompok Bermain Mentari. Faozan Amar yang juga bertindak sebagai Tim Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Kemendikbud RI mengatakan, pendidikan karekter harus ditanamkan sejak dini.

“Pendidikan itu berlangsung sepanjang hayat,” tegasnya.

Menurut Faozan, idealnya pendidikan dan pemgembangan karakter dilakukan dari sejak dalam kandungan. Sehingga nilai-nilai religius, mandiri, nasionalis, integritas dan gotong-royong dapat tertanam dengan kuat di saat anak memasuki masa emas pertumbuhannya (golden age).

Reporter : Na
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here