Serunya Even Permaian Tradisional di SD Muhammadiyah PK Boyolali

0

TabloidCermin.Com, Boyolali – Kemajuan Teknologi Komunikasi dan informasi begitu cepat merambah pada kemajuan permainan (game) modern. Permainan-permainan modern ini ‘menggeser’ permainan tradisional. Banyak anak saat ini telah lupa, bahkan tidak mengenal permainan tradisional.

Atas dasar ini kegiatan Class Metting SD Muhammadiyah Program Khusus dikemas dengan event Traditional Games yang berlangsung Kamis (13/12/2018). Banyak permainan yang digelar dan diikuti para siswa, diantaranya, gobak sodor, kelereng, bola bekel, lompat tali, dakon, betengan, boi-boinan dan egrang.

“Kegiatan ini adalah pengenalan permainan tradisional sejak dini karena banyak sekali anak zaman now lebih memilih gadget dibandingkan permainan tradisional, permainan tradisional banyak yang nyaris punah. Untuk ‘membentengi’ perkembangan zaman harus dilakukan dengan cara mengenalkan kembali permainan nusantara,” ungkap Ustadzah Zairina, panitia kegiatan.

Menurut Zairina, banyak nilai positif yang dapat dipetik dari permainan tradisional untuk jadi pedoman hidup. Misalnya nilai kerja sama, kekompakan, gotong royong, cinta alam dan lingkungan, serta kreatifitas.

Salah satu siswa kelas V A Ilham mengaku sangat bahagia ada permainan tersebut. Salah satunya permainan egrang. Baginya, butuh usaha keras baginya dan teman-temannya untuk bisa berjalan dengan kaki bambu.

Dengan permainan tersebut, ke depan siswa diharapkan tidak hanya tahu dan mengenal permainan tradisional. Tapi mereka juga bermain dengan teman-temannya dengan harapan dapat mengurangi bermain gadget yang dapat merusak mental anak sejak dini.

“Pengenalan permainan tradisional bagi anak bukan hanya sekedar anak di kenalkan pada permainannya saja. Namun nilai-nilai kearifan lokal dapat dipahamkan sehingga dapat berpengaruh terhadap sikap sosial,” tutur Kepala Sekolah Haryadi []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here