Utusan Khusus Presiden Ungkap Tiga Peran Strategis Muhammadiyah Bangun Peradaban

0

TabloidCermin, Surabaya – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Syafiq A Mughni menyebut Muhammadiyah sebagai ormas yang memiliki peran strategis. Muhammadiyah memiliki posisi strategis dalam melaksanakan dakwah dan membangun peradaban.

Hal itu dikemukakan Syafiq saat memberikan ceramah pada Rakornas dan Halaqah Dai Khusus LDK PP Muhammadiyah di kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya (14/12/2018). Acara dipandu Sekretaris LDK PP Muhammmadiyah Faozan Amar.

Menurut Syafiq, beberapa peran yang dilakukan oleh Muhammadiyah setidaknya meliputi tiga hal. Pertama, ikut mendorong resolusi konflik, seperti dalam kasus Muslim Moro dengan Pemerintah Philipina, dialog antara Korea Utara dan Korea selatan.

Kedua, Muhammadiyah aktif dalam berbagai gerakan dalam menangani konflik Palestina dan Israel dengan menawarkan two state solution. Dan proses tersebut masih berlangsung sampai sekarang.

Ketiga, mendorong tata dunia baru yang lebih adil, antara lain dengan mengusulkan penghapusan hak veto khusus, yang menyebabkan ketidakadilan ekonomi, politik, hukum dan sebagainya.

“Agar tercipta peradaban baru yang lebih aman dan damai, benturan harus dihindari, sehingga meminimalisir terjadinya konflik,” ujar Syafiq yang juga menjanat sebagai Ketua PP Muhammadiyah tersebut []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here