Guru SMP PK Kottabarat Dilatih Konsep Pembelajaran Abad 21

0

TabloidCermin.Com, Surakarta – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta meningkatkan kompetensi tenaga pengajarnya tentang pembelajaran berbasis hots. Keinginan dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0 itu diwujudkan dengan menggelar Workshop, Jumat-Sabtu (28-29/12/2018), di lokasi setempat.

Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Aryanto mengatakan, sekitar 28 peserta terlibat dalam kegiatan tersebut. Peserta terdiri daru guru dan karyawan SMP Muhammadiyah Kottabarat.

Di hari pertama peserta mendapatkan dua materi workshop, yaitu Pembinaan dari Ketua Majlis Dikdasmen PDM Kota Surakarta dan pelatihan ice breaking dalam mengajar. Kemudian di hari kedua peserta mendapatkan pembelajaran Hots (High Order Thinking Skill) bersama pembicara Pakar Pendidikan UNS Solo Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, peserta diajarkan membuat konsep pembelajaran abad 21 mengingat generasi sekarang masuk generasi milenial. “Pembelajaran kita jangan pembelajaran abad 20 lagi. Generasi sekarang adalah generasi milenial. Mereka dituntut untuk lebih high thinking skill. Anak-anak mari kita ajak untuk menganalisis bacaan atau materi,” ucap Aryanto.

Menurut Aryanto, pembelajaran abad 21 perlu karena keterampilan abad 21 di Indonesia masih jauh dari harapan. Dengan demikian pemberdayaan guru untuk menggali potensi siswa sangat penting. “Pemberdayaan itu menggali potensi dan mengembangkannya. Anak-anak kita lahir sudah memiliki potensi Hots dari orang tua secara genetika,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, dengan pembelajaran abad 21 yang memiliki indikator 4 C (Creative, Critical Thinking, Comunicator, Colaborative), Literasi, PPK (Program Pengembangan Karakter), dan Hots yang dikemas dengan model serta pendekatan saintifik, akan melahirkan generasi milenial yang bisa jadi pemimpin ataupun pengusaha.

“Kalau generasi muda tidak Hots maka bukan menjadi potensi pembangunan tetapi penghambat atau bahkan penonton di bangsa sendiri,” jelas Aryanto. []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here