Rocky Gerung Usul Capres-Cawapres Debat di Kampus Muhammadiyah, Bagaimana Tanggapan PWM Jateng?

0

TabloidCermin.Com, Semarang – Pengamat Politik Rocky Gerung mengusulkan agar Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 diundang untuk adu gagasan di seluruh kampus Muhammadiyah. Rocky mengusulkan itu saat mengisi seminar bertajuk “Membumikan Akal Sehat Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa” di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah (STIEM) Pekalongan, Kamis (10/1/2019).

Menurut Rocky, Capres-Cawapres yang akan memimpin Indonesia ke depan tidak boleh orang sembarangan. Karena itu Capres harus memiliki gagasan visioner selama 5 tahun ke depan.
Maka untuk menguji kelayakan Capres-Cawapres menurutnya harus diuji dengan metodologi, analisis, dan disiplin keilmuan.

“Semuanya itu hanya hanya dimiliki kampus. Termasuk ratusan kampus Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Indonesia,” katanya.

Palaksanaan debat antar pasangan Capres-Cawapres dalam pandangan Rocky sangatlah relevan. Rocky menilai pelaksanaan debat dalam setiap pemilu di kesempatan sebelumnya justru tidak relevan. Pasalnya, tidak ada dialog argumentatif dalam pelaksanaannya. Mestinya, lanjut Rocky, gagasan atau visi misi Capres-Cawapres harus didialogkan secara terbuka demi kebaikan Indonesia.

“Kemampuan memimpin Indonesia harus dibuktikan dengan cara berani berdialog di Kampus,” ungkap Dosen Filsafat tersebut.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Tafsir mendukung usulan tersebut, namun dengan catatan kedua pasangan capres dan cawapres sama-sama bersedia dan mereka diberikan ruang yang sama.

“Usulan yang bagus, saya setuju dan siap untuk memfasilitasi kampus Muhammadiyah Jawa Tengah asalkan kedua pasangan bersedia,” kata Tafsir kepada tabloidcermin.com, Kamis (10/01). []

Reporter : Rizal/ Ilyas
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here