Pertajam Kemampuan Menulis, Reporter Cermin Hunting Bareng di Maerokoco Semarang

0

TabloidCermin.Com – Empat Reporter Tabloid Cermin dipertajam kemampuan menulisnya. Mereka melakukan hunting bareng di kawasan Wisata Maerokoco Semarang, Jumat (11/1/2019).

Empat reporter yang selama ini berperan penting di balik terbitnya tabloid bulanan milik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah tersebut yaitu Moh Ilyasi, Naufil Al Romsi, Fawaid, dan Fauqi. Selama sehari mereka diasah kemanpuan jurnalisnya agar Tabloid Cermin semakin berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut mereka fokus membuat berita straight news dan feature. Sebelum hunting berita, pagi hari mereka dibekali materi cara menulis straight news dan menulis fearure yang baik, cara membuat framing, dan membuat plot atau struktur berita. Mereka juga diberi arahan mengenai bahan-bahan berita yang bisa diangkat di PWM Jawa Tengah.

Sesuai dengan visi pengembangan Tabloid Cermin (versi cetak) ke tabloidcermin.com (versi online), menejemen Redaksi Tabloid Cermin ingin menampilkan informasi yang berbeda dibanding media-media Muhammadiyah yang lain di Jawa Tengah. Hunting bersama di Maerokoco Semarang merupakan salah satu bagian dari upaya peningkatan sumber daya di redaksi agar kemampuan jurnalisnya semakin berkualitas.

Hunting bersama dilakukan usai shalat Jumat. Empat reporter menyebar ke beberapa spot wisata di kawasan Maerokoco. Mereka diberi tugas membuat tiga berita, dua berita berbentuk straihgt news dan satu berita profil dalam bentuk feature.

Tiga tugas untuk masing reporter harus selesai di hari yang sama dalam waktu yang sudah ditentukan. Pukul 16.00 tugas sudah harus selesai ditulis. Setelah itu dikoreksi bersama dengan dipandu Editor Tabloid Cermin M. Arifin.

Pemimpin Redaksi Tabloid Cermin Badrun Nuri mengatakan, hunting bersama dan pembekalan ilmu jurnalis Reporter Tabloid Cermin dalam rangka meningkat kualitas penyajian informasi di Tabloid Cermin, baik cetak maupun online.

Badrun mengatakan, Tabloid Cermin ke depan akan terus berbenah dan akan dikelola secara profesional. Redaksi Tabloid Cermin ingin menyajikan informasi yang benar-benar berbeda dari media-media yang lain.

“Untuk memenuhi target itu maka kemampuan jurnalistik reporter harus terus diasah dan dipertajam. Karena nafas utama sebuah media adalah karya juranlistik yang baik disamping pendanaan untuk kebutuhan operasional,” katanya.

Badrun menambahkan, Tabloid Cermin versi online ke depan akan murni menjadi media harian yang selalu update informasi seputar Muhammadiyah Jawa Tengah.

“Pembaca Tabloid Cermin akan mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar Muhammadiyah Jawa Tengah setiap harinya. Kami ingin Tabloid Cermin menjadi media rujukan bagi warga Muhammadiyah Jawa Tengah dan masyarakat umum,” ucap Badrun. [Redaksi]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here