Plasmic 2019 Sukses, Ini Deretan Para Juara dari Masing-Masing Lomba

0

TabloidCermin.Com, Surakarta – Sebanyak 148 siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Se Solo Raya adu kompetensi akademis dalam Perlombaan Plasmic (PK Olympiad Social, Mathematics, and Science) yang terintegrasi IMTAQ (Iman dan Taqwa) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta, Jalan Pleret Raya 9 Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta, Sabtu (12/1/2019).

Ketua pelaksana Puji Harmisih mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengembangkan kompetensi siswa SD/MI dalam bidang akademik khususnya Matematika, Ilmu Pengetahuan Alama (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan kegiatan tersebut, pihaknya juga ingin mengenalkan SMP Muhammadiyah kepada masyarakat.

“Melalui Plasmic 2019 kita ingin mengenalkan sekolah kepada masyarakat dan mengumpulkan anak-anak yang juara di sekolah masing-masing untuk adu kompetensi khususnya di bidang akademik,” katanya.

Peserta Plasmic 2019 berasal dari berbagai daerah seperti Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Sragen, dan Surakarta. Sebanyak 148 siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut meliputi 67 siswa yang mengikuti Olimpiade Sains IPA, 61 siswa Olimpiade Matematika, dan 20 siswa mengikuti Olimpiade IPS.

Plasmic 2019 diawali pembukaan pukul 07.30 WIB oleh Kepala sekolah SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko.Semua perlombaan dimulai pukul 08.30 hingga pukul 10.00 WIB. Pukul 11.00 WIB pemenanh Plasmic 2019 langsung diumumkan kepada peserta.

Juara 1 Olimpiade Matematika diraih Dzaky Aulia Fadhil dari SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta), juara 2 Reyvi Aryandra Al Firdaus dari MI Muhammadiyah Karanganyar, juara 3 dirah Dimas Arjuna Septhiyan Zivana Putra dari SDII Al Abidin Surakarta.

Sedangkan juara 1 Olimpiade Sains (IPA) diraih Uways Abdul Hamid dari MI Ta’mirul Islam Surakarta, juara 2 diraih Amara Qudsi Almukarimy dari SD Al Firdaus Surakarta, juara 3 diraih Alfin Rahman Oktavian dari MIN 9 Sragen.

Adapun juara 1 Olimpiade IPS diraih Atalariq Barra Hadinugraha dari SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali, juara 2 diraih Amalia Ayu Istiqomah dari MIN 9 Sragen, juara 3 diraih Fatiha Aulia Rizqy dari SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta.

Para juara mendapatkan penghargaan berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan. Pemberian hadian dilakukan di hari yang sama di akhir Paslamic 2019.

Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta Aryanto merasa bangga dan mengaku mendukung sepenuhnya kegiatan Plasmic 2019. Plasmic 2019 menurutnya sangat berarti karena memberikan sumbangsih pada peningkatan mutu kualitas pendidikan melalui iklim kompetisi akademis.

“Selamat kepada para juara dan bagi yang belum berhasil bisa dicoba pada event Plasmic tahun depan,” tandasnya. []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here