Direktur Lazismu Diundang Jadi Pembina Upacara Siswa SD, untuk Apa?

0

TabloidCermin.Com, Surakarta – Tak biasanya Lazismu diundang jadi pembina upacara bendera yang rutin digelar setiap hari senin. Tetapi kali ini terjadi di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Surakarta. Direktur Lazismu Solo Reynal Falah mendapatkan kesempatan berbicara tentang Lazismu di hadapan para siswa.

“Lazismu adalah Lembaga Zakat, Infaq, dan Sodaqoh yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Tugasnya menyalurkan dana Zakat, Infaq, dan kemanusiaan lainnya sesuai dengan asnaf, ” jelas Reynal.

Reynal menyontohkan, seperti ketika terjadi bencana gempa bumi di Lombok dan Palu beberapa bulan lalu dan bencana terbaru berupa Banjir Tsunami di Banten dan Lampung. Kepada para siswa Reynal memaparkan alur dana yang didonasikan oleh siswa.

“Donasi yang adik-adik semua kumpulkan melalui wali kelas kalian kemudian dihitung dan diserahkan ke Lazismu. Dana yang terkumpul di Lazismu selajutnya digunakan untuk membeli hygne kit, perlengkapan sekolah, dan membangun hunian sementara untuk para korban bencana,” jelas Reynal.

Reynal juga menyampaikan terima kasih kepada pihak SD Muhammadiyah 2 Surakarta karena bersinergi dengan Lazismu dalam pengumpulan dana kemanusiaan untuk korban bencana alam di Indonesia. “Semoga ini dapat menjadi amal bagi seluruh guru, karyawan, dan siswanya,” tutur Reynal.

Guru SD Muhammadiyah 2 Surakarta Warjimin menjelaskan, tujuan mengundang Lazismu untuk memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam belajar dan memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. Salah satunya dengan memberikan pengenalan kepada anak-anak tentang lembaga zakat milik Muhammadiyah, apa saja progamnnya dan bagaimana pendistribusiannya.

Kehadiran Lazismu Solo di SD Muhammadiyah 2 Surakarta juga dalam rangka serah terima bantuan kemanusiaan dari SD Muhammadiyah 2 Surakarta ke Lazismu Solo. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh pihak sekolah kepada Lazizmu.

Untuk diketahui, selama seminggu SD Muhammadiyah 2 Surakarta telah mengumpulkan dana kemanusiaan sebanyak Rp 5.600.000. []

Reporter : Isnan
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here