Empat Kompetensi Pokok Guru Diharap Tak Sekadar Jadi Teori

0

TabloidCermin.Com, Boyolali – Sebanyak 42 Guru dan Karyawan Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Khusus (PK) Boyolali mengikuti program pembinaan guru dan karyawan di Aula Kampus 1, Senin (12/1/2019). Mereka diharapkan menjadi pendidik yang bisa mengajarkan kedisiplinan dan ketertiban.

Pembinaan guru dan karyawan di SD Muhammadiyah Boyolali merupakan tindak lanjut dari program sekolah berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Boyolali H. Widada sebagai pembicara.

“Kita harus bersyukur di takdirkan sebagai seorang pendidik. Dengan menyandang sebagai seorang pendidik akan menyadarkan kita bahwa pendidikan merupakan salah satu jalan menyemai kebaikan dan mengajarkan arti kedisiplinan dan ketertiban,” kata Widada saat menyampaikan materinya.

Salah satu bentuk ketertiban yang harus diajarkan kepada siswa, kata Widada, ialah tertib dalam berpakaian. Seragam dan kelengkapannya tatkala berdinas harus selalu diperhatikan oleh seorang guru. “Dari hal yang kecil ini guru akan di contoh oleh siswa,” tambahnya.

Widada memaparkan, kompetensi guru meliputi empat hal, yaitu Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional. Rangkaian kompetensi tersebut diharapkan tidak hanya dipelajari secara teoritis, namun selalu diaktualisasikan dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

“Jadilah guru yang benar-benar profesional sehingga dirindukan para siswanya dan selalu bekerjasama dengan semua unsur yang ada di sekolah,” tandasnya.

Kepala SD Muhammadiyah Boyolali Haryadi menambahkan, pembinaan guru dan karyawan bertujuan mengingatkan kembali marwah dan peran seorang guru maupun karyawan, optimalisasi tugas pokok dan fungsinya, serta sharing bersama tentang kemajuan sekolah. []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here