Sukseskan PPDB, Dua SMK Muhammadiyah di Jepara Bersinergi

0

TabloidCermin.Com, Jepara – Pertumbuhan sekolah-sekolah yang terus berlangsung punya dampak sendiri bagi sekolah yang sudah ada. Salah satunya, semakin sulitnya mendapatkan siswa setiap tahun. Masing-masing sekolah akhirnya harus bersaing dengan ketat agar banyak diminati.

Kondisi ini juga di rasakan sejumlah sekolah Muhammadiyah di Jepara. Berkembangnya sekolah-sekolah swasta di sekitar Sekolah Muhammadiyah membuat pihak sekolah memutar otak, untuk mengatur strategi agar Sekolah Muhammadiyah tetap hidup.

Atas dasar ini empat orang perwakilan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mlonggo mengunjungi SMK Muhammadiyah Mayong, Rabu (9/1/2019) lalu. Kedatangan SMK Muhammadiyah Mlonggo untuk bersilaturahim dengan SMK Muhammadiyah Mayong dengan tujuan khusus sharing bersama untuk mengetahui proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dapat berjalan sukses.

Sharing berlangsung mulai pukul 09.30 hingga pukul 11.30 di Ruang Multimedia SMK Muhammadiyah Mayong. Dalam Kesempatan itu dari SMK Mayong Choiru Zaed memberikan materi kiat-kiat sukses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Menurutnya, ruh keberadaan dan penyelenggaran sekolah adalah kuantitas murid. “Semakin banyak murid yang masuk ke sekolah pasti akan semakin bagus,” katanya.

Choiru kemudian memberi kiat-kiat sukses dalam mendapat murid yang banyak. Menurutnya, setidaknya ada sembilan pertanyaan yang sangat fundamental dalam PPDB. Yakni,seberapa besar kapasitas yang anda persiapkan, mampukah anda mendahulukan diri anda, kepada siapa anda berkomitmen, kemanakah fokus anda arahkan, siapa calon peserta didik baru kita, faktor apa saja yang sangat mempengaruhi suksesnya PPDB, siapa partner yang bisa diajak kerja sama,berapakah target yang diharapkan,dan bagaimana strategi yang akan dijalankan.

“Agenda pagi ini penting untuk membuka mata bahwa ketika bisa sukses bersama kenapa harus sendiri. Apalagi sudah terbentuk Forum Guru Muhammadiyah (FGM). Maka harapannya Sekolah Muhammadiyah di Jepara bisa saling bersinergi,” jelas Choiru.

Kepala SMK Muhammadiyah Mlonggo, Kasno mengucapkan terimakasih karena disambut dengan baik dan diberi pengalaman oleh pihak SMK Mayong yang merupakan bagian dari tim PPDB SMK Muh Mayong.

“Kami akan ikuti beberapa strategi yang cocok dengan kondisi internal maupun eksternal di SMK Muhammadiyah Mlonggo,” katanya. []

Reporter : Ilyas
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here