Siswa SD Muhammadiyah Boyolali Pentas Kreativitas di Car Free Day, Dorong Gerakan Literasi

0

TabloidCermin.Com, Boyolali – Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Khusus (PK) Boyolali menggelar acara “SD Muhammadiyah PK Boyolali On The Street”, Minggu (20/1/2019). Kegiatan berlangsung di sepanjang Jalan Lingkar Pasar Boyolali bersamaan dengan momentum Car Free Day.

“SD Muhammadiyah PK Boyolali On the Street” merupakan ajang menampilkan kreativitas dan prestasi siswa. Selain itu, memperkenalkan SD Muhammadiyah PK Boyolali kepada khalayak umum lebih dalam. Kegiatan ini juga melatih rasa percaya diri, kekuatan mental, kemandirian, serta kreativitas siswa.

Siswa dan guru SD Muhammadiyah PK Boyolali terlibat dalam kegiatan tersebut. Acara berisi penampilan siswa dan gerakan literasi bersama masyarakat. Penampilan yang di suguhkan sebagai wujud karya dan output kegiatan ekstrakurikuler sekolah, binaan guru, serta kreativitas siswa masing-masing. Diantara sejumlah jenis penampilan yang berlangsung, yaitu tahfidz, tapak suci, pildacil, seni tari, story telling, dan juga seni reog anak.

Penampilan ini secara khusus ingin memperkenalkan sekolah kepada masyarakat, mengembangkan potensi anak didik, melatih mental anak, serta sikap mandiri dengan tampil di depan ratusan orang yang hadir meramaikan kegiatan CFD di Boyolali.

Gerakan literasi bersama memanfaatkan buku-buku karya anak dan milik sekolah untuk dapat dibaca gratis oleh masyarakat yang hadir di Car Free Day. Gerakan literasi bersama ini merupakan bentuk aksi kepedulian sekolah terhadap program gerakan cinta literasi yang dilaksanakan sekolah dengan melibatkan langsung masyarakat Boyolali.

Sekolah ingin mengajak masyarakat sebagai stake holder sekolah untuk bersama-sama mencintai kegiatan membaca, sehingga menjadi budaya di tengah-tengah masyarakat luas. Ada stand baca gratis yang disediakan.

Kepala SD Haryadi menyampaikan, kegiatan tersebut untuk mengajak siswa dan guru agar turut mensukseskan visi misi sekolah berupa yaitu “Terwujudnya sekolah unggul yang menghasilkan siswa Solih, Cerdas, Kreatif, dan Mandiri dengan berbasis keterampilan intelektual dan keagamaan.”

“Pihak sekolah selalu berusaha melakukan upgrade kegiatan-kegiatan yang melibatkan siswa untuk berkolaborasi mengembangkan mutu sekolah yang disertai dengan peningkatatan prestasi serta pengasahan kemandirian dan kreativitas siswa. Salah satunya dalam bentuk kegiatan “SD Muhammadiyah PK Boyolali On The Sreet ini,” katanya.

Humas SD Muhammadiyah PK Boyolali Diana Malviani mengungkapkan, upaya melatih kemandirian dan kreativitas siswa telah ditempuh pihak sekolah. Baik melalui pembelajaran di dalam maupun diluar kelas. Menurut Diana, kemandirian dan kreativitas yang diasah di dalam kelas dilaksanakan langsung oleh guru kelas melalui program-program sekolah.

“Kegiatan di luar kelas untuk menajamkan kreatifitas dan kemandirian dilaksanakan dalam berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler, baik ekstrakurikuler wajib maupun pilihan serta pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin langsung oleh siswa kelas atas,” jelasnya. []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here