Hebat! Juara Budaya Mutu Nasional, SD Mutual Magelang Jadi Primadona, Banyak Sekolah Berdatangan

0

TabloidCermin.Com, Magelang – Sejak menyabet juara Lomba Budaya Mutu Nasional beberapa belum lama ini, Sekolah Dasar (SD) Mutual Kota Magelang banyak dikenal sekolah lain di berbagai daerah. Layaknya primadona, beberapa sekolah di berbagai daerah naksir, lalu memutuskan studi banding untuk menimba pengetahuan.

Salah satunya Perguruan Al Ittihad Pekan Baru Desember 2018 lalu. Disusul Perguruan Nurul Iman Jakarta, Sabtu (19/1/2018). Sebanyak 20 orang datang ke di SD Mutual untuk menimba ilmu. SD Mutual kembali menerima kunjungan dari Perguruan Al Muhajirin Purwakarta, Senin (21/1/2019). Sebanyak 60 anggota rombongan dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) datang dengan maksud yang sama.

Rombongan dipimpin Pimpinan Yayasan Al Muhajirin Ustadz Marfu’, didampingi Kepala SD Al-Muhajirin Purwakarta Ustadzah Lia. Rombongan disambut Ketua Pimpinan Daerah (PDM) Kota Magelang Kiai Sholihin didampingi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Dikdasmen) Kota Magelang Salamun.

Kiai Sholihin merasa bahagia atas kunjungan dari Purwakarta yang notabenenya sama-sama yayasan dan berusaha memajukan Islam. “Mari kita majukan bersama pendidikan kita sebagai upaya untuk terus mencetak generasi Islami, ” katanya.

Dari Yayasan Al Muhajirin Ustadz Marfu’ menyatakan kegembiraannya karena bisa belajar bersama Muhammadiyah Kota Magelang. Dari kunjungan itu dia berharap, prestasi yang diraih SD Mutual Magelang dapat menular ke sekolah yayasan yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah, kami tidak salah. Tadi pagi shalat subuh di Masjid Agung Magelang banyak orang yang bercerita tentang hebatnya SD Mutual. Semoga kehebatan pendidikan Muhammadiyah Kota Magelang menular ke Al Muhajirin Purwakarta,” katanya ketika memberi sambutan.

Observasi pendidikan menjadi bahasan penting dalam kunjungan tersebut. Pihak Al Muhajirin berusaha menggali ilmu yang dijalankan di SD Mutual. Mulai dari pengamatan gedung ruang administrasi, perpustakaan, hingga kegiatan belajar mengajar di kelas tak luput dari daftar pertanyaan yang digali. Selain itu, manajemen di SD Mutual, jumlah GTK, dan sistem pembinaan menjadi topik hangat dalam diskusi hingga selesai acara.

Kepala SD Mutual Mustaqim mengatakan, kunjungan dari Purwakarta telah diagendakan sejak dua bulan lalu. Pihaknya merasa tersanjung dan terus bersyukur karana banyak sekolah yang belajar ke SD Mutual.

“Alhamdulillah, sudah banyak dikenal di seluruh Indonesia. Banyak yang antre ingin berkunjung ke SD Mutual yang kami tata dengan sebaik-baiknya,” katanya.

“SD Al Muhajirin Purwakarta ini sudah antre sejak dua bulan lalu. Alhamdulillah kali ini dapat kami layani. Semoga membawa manfaat untuk kita dalam syiar dakwah pendidikan Islam dan pendidikan di Kota Magelang khususnya,” tambahnya.

Kepala SD Al Muhajirin Lia menyatakan kagum kepada SD Mutual. “Memang SD Mutual sekolah yang luar biasa, pantes kalau kemarin Juara Lomba Budaya Mutu tingkat Nasional,” ungkapnya. []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here