Penguasa Menentukan Kesuksesan Dakwah

0

TabloidCermin.Com, Semarang – Banyak pendekatan dalam berdakwah, termasuk pendekatan kekuasaan. Dakwah dengan pendekatan kekuasaan bahkan dinilai paling efektif.

Menurut Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Kiai Musman Tholib, penguasa menentukan kesuksesan dakwah. Dia menyontohkan Bupati Karanyar yang menggerakkan Subuh Keliling (Suling). Bupati juga memerintahkan camat untuk menyediakan aula di kecamatan. Aula tersebut digunakan untuk ormas Islam dalam melaksanakan kajian.

Gerakan dakwah di ranah politik, menurut Kiai Musman, sangat potensial. Bahkan kiai yang setiap hari kerjaanya ceramah akan kalah dengan penguasa karena penguasa dapat memerintah secara langsung, sedangkan kiai tidak.

“Kiai akan kalah dengan bupati. Ini pengalaman kami waktu di Cilacap. Ada orang yang masuk Islam hanya karena bupatinya Islam,” katanya saat membuka acara Temu Kader Muhammadiyah Pejuang Kebangsaan di Hotel Siliwangi, Rabu (23/1/2019).

Karena itu, Kiai Musman meminta kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jawa Tengah untuk menggunakan pendekatan ini. Salah satunya dengan mengusai tingkat RT di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian dakwah Muhammadiyah dampaknya akan semakin luas.

Temu Kader Muhammadiyah Pejuang Kebangsaan diselenggarakan Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PWM Jawa Tengah. Temu kader diikuti kader-kader Muhammadiyah yang berkiprah di politik di Jawa Tengah seperti DPRD, Komesioner KPU, dan Bawaslu.

Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Khafid mengatakan, Warga Muhammadiyah perlu belajar dari sesepuh Muhammadiyah Jenderal Soedirman. Diusianya yang masih muda (31), Soedirman sudah memegang kekuasaan menjadi panglima besar Indonesia, semua itu tidak terlepas dari nuansa politik.

“Dakwah melalui Agama saja tidak cukup karena agama tidak bisa dipaksakan, yang bisa dipaksakan adalah norma atau hukum dan itu ditempuh dengan jalur politik,” pungkasnya. []

Reporter : Ilyas
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here