Unik! Siswa di SDM Surakarta Pindah Belajar ke Pasar Gede

0

TabloidCermin.Com, Solo – Ruang belajar tak hanya di kelas. Di luar kelas bisa juga jadi ruang belajar, termasuk di pasar. Inilah yang dilakukan para siswa Kelas 6 Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta belajar di Pasar Gede. Sebanyak 94 siswa diajak belajar di Pasar Gede dengan didampingi gurunya, Jumat (25/1/2019)

Salah satu guru Hamzah Fansyuri mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar siswa bisa secara langsung merasakan atmosfer pasar Gede. Di pasr, anak-anak langsung praktek menawar barang, berbelanja sesuai kebutuhan serta melakukan wawancara dengan pedagang.

“Ke Pasar Gede ini bertujuan agar anak-anak merasakan suasana di pasar secara langsung, bisa berlatih menawar barang dan belanja sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Setelah dari Pasar Gede siswa-siswa itu kembali ke sekolah kemudian praktek membuat lotis bersama kelompoknya dengan bahan yang sudah dibeli di pasar. Para guru mendampingi mereka sambil menilai keaktifan komunikasi saat menawar barang serta saat melakukan wawancara. Meskipun dari sekolah jalan kaki, hal itu tak mengurangi kegembiraan semangat mereka. Mereka terlihat antusias, dan senang karena mendapat pengalaman baru.

Caca, salah satu siswi kelas 6 D mengungkapkan antusiasnya. “Seneng pak ke pasar, bisa nawar-nawar buah untuk membuat lotis nanti,” ungkapnya.

Kepala SD Muhammadiyah 2 Kauman Suyanto berharap, kegiatan tersebut mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan siswa dapat mempunyai karakter menghargai pekerjaan.

“Harapan kami siswa dapat memperoleh pengetahuan tetang praktik dan transaksi jual beli dan termotivasi untuk berwirausaha nantinya serta menghargai pekerjaan,” ungkapnya. []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here