Negosiasi di Pasar, Langkah Guru Tajamkan Pikiran Siswa SMK 3 Mayong Jepara

0

TabloidCermin.Com, Mayong – Lembaga pendidikan dituntut untuk selalu berinovasi. Dalam segala bidang, inovasi dan kreatifitas diperlukan untuk mendapat tanggapan zaman. Era industri 4.0 menuntut pula lembaga pendidikan agar meninggalkan cara-cara konvensional.

Banyak metode dan strategi yang telah dikembangkan guna menjawab tantangan jaman. Pembaruan kurikulum pun sudah dilakukan oleh kementrian.

Untuk menjawab dinamika tersebut SMK Muhammadiyah 3 Mayong Jepara berinovasi dan bergerak cepat melalui pembelajaran outing class. Outing class dipraktekkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Praktik dilakukan siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 2. Di pasar, mereka mempraktekkan “negosiasi”.

Panca Santi menjelaskan, menurut KBBI, negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan antara pihak satu dengan pihak lain.

Dalam praktiknya, siswa-siswi terlebih dahulu diberikan diperkenalkan dalam kelas. Kemudian membuat tempat mana saja yang akan dikunjungi. Selanjutnya pelaksanaan. Dan terakhir adalah evaluasi serta pengalaman.

“Praktik negosiasi dilakukan di pasar Mayong mempertimbangkan pasar Mayong memiliki pembelajaran yang kontekstual dengan materi negosiasi. Keberadaan sekolah yang dekat dengan pasar membuat kegiatan ini sesuai dengan rencana dan berjalan sesuai rencana,” katanya.

Menurut Panca, praktik ini membahas negosiasi dalam dunia bisnis, menganalisis proses negosiasi, menjelaskan dan tipe-tipe negosiasi secara jelas.

“Ketrampilan dalam negosiasi yang membuat titik ketajaman pikiran, kesabaran, kemampuan pertimbangan dan kemampuan komunikasi,” katanya. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here