Di Boyolali, Sekum PP Muhammadiyah Paparkan Empat Kunci Kekuatan Umat Islam

0

TabloidCermin.Com, Boyolali – Pengajian Rutin Ahad Pahing, Minggu (26/1/2019) di Masjid Banaran Boyolali dihadiri lebih dari 500 Jama’ah. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Boyolali menghadirkan DR. Abdul Mu’ti,  Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Pengantar diawali pembukaan Siswa MI Muhammadiyah PK Boyolali yang membawakan Surat Al-‘Ashr dan Surat Al Kautsar ikut menerjemahkan. Kemudian dari Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah PK Boyolali yang menampilkan da’i kecil Fida dengan judul “Inveatasi Akhirat”. Dilanjutkan Qiro’ah ayat suci Al Qur’an oleh Mora dengan melantunkan Surat Al-A’la.

Abdul Mu’kti memulai tausiahnya dengan membaca Al-Qur’an Surat An-Nisa ‘ayat 9. Dia menyanpaikan, orang muslim saat ini harus mendapatkan kekuatan empat. Pertama, kekuatan Iman (kekuatan aqidah). Menurutnya, orang Islam harus memiliki keyakinan yang kuat dan kokoh, bukan Islam KTP, bukan status Islam, bukan Islam ikut-ikutan (ela-elu).

“Muslim yang kuat selalu melaksanakan perintah, menjalankan sunnah Rasulullah dan membawa apa-apa yang di-larang oleh-Nya,” ujar Mu’kti

Kedua, kekuatan ilmu. Akan menghargai manusia karena ilmunya. Orang berilmu pasti memiliki mobilitas yang tinggi. Baik mobilitas vertikal maupun mobilitas horizontal. Bahkan Allah berfirman akan mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat (mendapat kemulyaan).

“Dengan ilmu maka semuanya akan menjadi terang. Dan kekuatan ilmu perlu di perkokoh dengan kondisi fisik yang pula,” katanya.

Ketiga, kuat ekonomi. Rizki yang lapang akan membuat amal kita menjadi lebih banyak. Namun sebaliknya, jika rizki lemah atau tidak kuat, maka manusia akan kuli. “Dalam dakwah serta dalam segala kehidupan, ekonomi perlu dibangun dan didukung,” terangnya.

Keempat, kuat jama’ah. “Kuatnya jama’ah menjadi pilar terpenting dalam dakwah amar ma’ruf nahi munkar,” pungkasnya.

Ketua PCM Boyolali H. Widada menyampaikan terima kasih kepada seluruh jama’ah pengajian Ahad Pahing yang selalu istiqomah hadir. Menurutnya, pengajian di masjid Banaran sudah bertambah-tahun berjalan. Dia bersyukur jama’ah tetap istiqomah dan selalu bertambah.

“Dan hari ini kedatangan tamu Istimewa dari Pimpinan Pusat untuk memberikan Tausiah,” katanya.

Saat ini, Lanjut Widada, Majelis Dikdasmen Boyolalielola AUM di tingkat dasar, yaitu MIM PK dan SDM PK. Dua sekolah tersebut mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Jumlah siswa SDM PK Boyolali mencapai 600an lebih, jumlah siswa Muhammadiyah terbanyak di Boyolali. []

Reporter: Badrun Nuri
Editor: M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here