Instrumen Evaluasi Komprehensif Harus Bisa Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

0

TabloidCermin.Com, Boyolali – Tim Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta menjalin kerja sama dengan Sekolah Dasar (SD) Program Muhammadiyah Khusus (PK) Boyolali dengan menggunakan Pelatihan Manajemen Penulisan Instrumen untuk menguji pembelajaran Berstandar HOTS, Sabtu ( 16/1/2019). Pelatihan digelar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SD PK Boyolali.

Dosen Pascasarjana UHAMKA Imam Syafi’i yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut mengatakan, Evaluasi merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Evaluasi dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar.

“Instrumen Evaluasi yang komprehensif harus dapat mengukur kemapuan berpikir tingkat tinggi siswa atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang tidak sekadar menekankan pada kemampuan siswa dalam mengingat, meyatakan kembali, dan merujuk kembali tanpa pengulangan,” katanya.

Faozan Amar menambahkan, dalam konsep Islam, Monitoring dan Evaluasi (Muhasabah) merupakan salah satu kunci meraih kesuksesan. Tidak hanya dalam hal pendidikan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

“Itu tidak hanya dalam institusi pendidikan tetapi juga bagi individu,” ujar Dosen Ekonomi Islam FEB UHAMKA ini.

Pelatihan dibuka Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Banyudono Danto Krissuwarno dengan moderator Kepala SD PK Muhammadiyah Boyolali Haryadi. “Kepala sekolah harus menyesuaikan dengan yang ada, termasuk di AUM, biar bisa bersaing dengan sehat,” ujar Danto. []

Reporter: Badrun Nuri
Editor: M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here