106 Siswa SDM Boyolali Diajak Latihan Bertani di Semarang

0

TabloidCermin.Com, Boyolali – Sebanyak 106 siswa kelas III Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Khusus (PK) Boyolali mengikuti Program Pembelajaran Lapangan (PPL) Kegiatan di Desa Badran Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, Selasa (29/1/2019). Kegiatan diharapakan dapat meningkatkan wawasan siswa.

Kordinator Wuri Hariana Wati selaku menyampaikan, Program Pembelajaran Lapangan (PPL) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti seluruh siswa Kelas 3. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan pengetahuan siswa terkait jenis-jenis pekerjaan, khususnya pekerjaan dibidang pertanian.

“Mereka observasi dan praktek penanaman padi secara langsung ke sawah serta dilanjutkan ke pengeringan dan penggilingan padi kemudian di akhiri pada penanaman Hidrophonik dengan media abu Sekam padi,” jelas Wuri.

Wuri berharap, kegiatan ini bisa memberi pengetahuan yang lebih kepada siswa dalam proses penanaman dan pengolahan padi serta inovasi dalam dunia pertanian. Selain itu, seluruh siswa bisa mendapatkan pengalaman yang menarik dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

Salah satu siswa Gifta mengaku senang dengan kegiatan outing class tersebut. Dia suka karena belajar langsung praktek. “Saya dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana pekerjaan seorang petani,” katanya.

Senada dengan Gifta, Dofiza merasa senang sebab pembelajaran praktek secara langsung.

Sekolah berharap inovasi pembelajaran seperti PPL yang dilaksanakan ke luar sekolah bukan sekedar rutinitas. Tetapi ada nilai-nilai edukasi pada realitas kehidupan nyata yang di sesuaikan dengan tema pembelajaran. Baik bagi siswa maupun bagi para guru. []

Reporter : Badrun Nuri
Editor : M. Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here