Bantah Pro Jokowi, Fokal IMM Jateng Keluarkan 6 Pernyataan Sikap

0

TabloidCermin.Com, Semarang – Sejumlah kader Muhammadiyah Jawa Tengah yang mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Amin di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendapat tanggapan serius dari Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) Jawa Tengah. Fokal IMM Jateng mengklarifikasi bahwa dukungan tersebut bukan sikap resmi organisasi. Melainkan sikap kelompok kecil yang berbeda pandangan dengan Fokal IMM Jawa Tengah.

Klarifikasi tersebut disampaikan Ketua Fokal IMM Jateng Farid Wajdi dalam konfrensi pers di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jalan Singosari Nomor 33 Semarang, Rabu (6//2/2019) sore. Konfrensi pers Fokal IMM Jateng diikuti Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Jawa Tengah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Tengah, Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah, dan ‘Aisyiyah Semarang.

Dalam kesempatan itu, Farid selaku Ketua Fokal menyampaikan enam pernyataan sikap.

Pertama, mengajak seluruh kader Muhammadiyah untuk berpolitik dan menggunakan hak politiknya secara santun sebagaimana cerminan insan pembawa perubahan bagi bangsa.

Kedua, menghimbau agar siapapun yang mempunyai kepentingan di Pileg dan Pilpres mendatang tetap memakai nalar dan akal sehat untuk tidak bersikap di luar batas norma kepatutan dan hukum.

Ketiga, mengecam segala pernyataan-pernyataan yang cenderung membodohi masyarakat dengan nada ancaman dan pencampuradukan antara peran kewajiban negara terhadap rakyatnya dengan janji kampanye pemilu serta penyebaran berita bohong/hoaks.

Keempat, Fokal IMM Jawa Tengah tidak pernah memposisikan diri untuk mewakili seluruh komponen kader Muhammadiyah, sehingga pengurus Fokal IMM Jawa Tengah memohon maaf jika ada sekelompok kecil anggota dalam kelompok Fokal IMM BerSATU yang mengklaim sebagai representasi seluruh kader.

Kelima, menegaskan bahwa pernyataan politik yang mengatas namakan Fokal IMM Jateng BerSATU mendukung paslon 01 bukanlah pernyataan resmi Fokal IMM Jawa Tengah yang mewakili seluruh anggota. Melainkan sekelompok kecil yang memiliki aspirasi berbeda dan tidak bisa disebut sebagai pernyataan organisasi.

Keenam, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang tabligh, amanah, shidiq, fatonah serta memiliki visi keumatan yang kuat.

Sebelumnya, sejumlah Kader Muhammadiyah Jawa Tengah mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Amin dalam Pilpres 2019. Dukungan tersebut disampaikan Wakil Bidang Hak Asasi Manusia Fokal IMM Jateng Fakhriyal Auliya di Taman Cafe Singosari, Selasa (5/2/2019). []

Reporter : Ilyas
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here