Empat Kompetensi Ini Wajib Dimiliki Guru

0

TabloidCermin.Com, Semarang – Guru adalah profesi mulia yang memiliki tugas pokok mendidik dan membina siswa. Di sekolah, guru berperan sebagai orangtua. Dia harus bisa menjadi teladan yang baik bagi siswanya.

Menurut Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Karnadi, menjadi sosok guru tidaklah mudah. Banyak tuntutan yang harus dipenuhi.

“Seorang guru dituntut memiliki empat kompetensi yang harus diperankan,” katanya, Selasa (12/02/2019).

Pertama, kompetensi kepribadian. Seorang guru harus bisa menjadi tauladan dengan pribadi yang sejuk, inspiratif dan bisa memotivasi siswanya. Guru juga harus memahami perilaku sehari-hari anak. Jika didapati perilaku yang menyimpang, guru bisa secara santun memberikan teguran.

Kedua, kompetensi sosial, guru harus bisa berkomunikasi secara positif, sehat dan terbuka kepada siswa. Tidak ada jarak antara guru dengan para siswa. Kewibawaan guru tidak terletak pada jarak yang menjadi pembatas guru dengan siswa. Kewibawaan dibangun dengan komunikasi yang memberikan energi positif.

“Ketika siswa menyampaikan aspirasi atau keluhan dalam belajar, seorang guru hadir dengan penuh kesejukan yang berarti bagi pembentukan kepribadian siswa,” jelas Karnadi kepada tabloidcermin.com.

Ketiga, kompetensi pedagogik. Guru harus menguasai medan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kelas. Guru harus mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang menginspirasi. Kemudian mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.

“Guru juga memberkan umpan balik kepada siswa, terutama bagi siswa yang kurang begitu memahami pelajaran,” jelas Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang tersebut.

Keempat, kompetensi profesional. Guru harus memiliki penguasaan bahan ajar yang mumpuni, sehingga tidak lagi ada kesan bahwa guru tidak bisa mengajar. Kompetensi ini didukung oleh keilmuan dan bahan ajar yang cukup, sehingga dalam proses pembelajaran seorang guru betul-betul menguasai materi.

“Seorang guru harus selalu mengupdate penguasaan keilmuan dan metode mengajarnya,” pungkasnya. []

Reporter : Ilyas
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here