Siswa Farmasi dan Analis Kesehatan SMKM Lebaksiu Dilatih Jadi Tenaga Kerja Profesional

0
Siswa Kelas XII Farmasi dan Analis Kesehatan SMKM Lebaksiu mengikuti ujian kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di Laboratorium Farmasi dan Laboratarium Analis Kesehatan. Ujian di selenggarakan selama 4 hari, Senin-Kamis (18-21/2/2019). Foto: Hendra.

TabloidCermin.Com, Tegal – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Lebaksiu atau yang dikenal SMK Famuba Kabupaten Tegal menjadi pelaksana Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk ujian kompetensi keahlian farmasi dan Analis Kesehatan. Kegiatan ujian di selenggarakan selama 4 hari, Senin-Kamis (18-21/2/2019). Ujian bertempat di Laboratorium Farmasi dan Laboratarium Analis Kesehatan.

Kepala SMK Muhammadiyah Lebaksiu Andi Riswandi menjelaskan, Lembaga Sertifikasi Profesi merupakan lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi.

”SMK yang sudah menjadi LSP ditetapkan BNSP dengan beberapa kriteria. Pertama, SMK harus sudah terakreditasi. Kedua, sudah menerapkan kurikulum yang berbasis pada standar kompetensi. Ketiga, harus memiliki tenaga asesor,” terangnya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, tenaga asesor tersebut harus memiliki kualifikasi untuk melaksanakan assesment dalam rangka manajemen mutu dalam sistem lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi.

”Sekolah yang sudah menjadi LSP siap meluluskan lulusan yang profesional dan mendapatkan sertifikat profesi untuk digunakan untuk mencari pekerjaan,” ujarnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Sri Budi Indrawati menambahkan, berkaitan dengan pelaksanaan ujian praktek LSP, pihaknya sudah menyiapkan siswa kelas 12 program Farmasi dan Analis Kesehatan untuk dilatih secara profesional.

”Para siswa terus belatih seperti mengikuti simulasi pelayanan apotek, dan Analis Kesehatan administrasi, dan pengisian jurnal LSP. Kegiatan simulasi dipandu oleh guru farmasi,” tuturnya. []

Reporter: Hendra Apriyadi
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here