Relawan Bencana Kalangan Pelajar Masih Minim, IPM Diminta Jadi Pelopor

0

TabloidCermin.Com, Tegal – Seminar ketiga rangkaian Nusyawarah Wilayah (Musywil) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) bertanjuk “Pelajar Tangguh Bencana”. Acara berlangsung di Gedung Indoor komplek Perguruan Muhammadiyah Lebaksiu Kabupaten Tegal, Sabtu (2/3/2019). Seminar diisi langsung Ketua Mujammadiyah Desaster Managemant Center (MDMC) Jawa Tengah Naibul Umam.

Naibul Umam mengatakan, IPM harus menjadi pelopor pelajar tangguh bencana. Pasalnya, Indonesia merupakan negara yang dikategorikan sebagai negara yang rawan bencana. Maka dari itu semua harus ikut andil dalam menanggulangi dampak bencana alam tersebut, terutama IPM.

“Selama ini relawan bencana dari kalangan pelajar masih tergolong sedikit,” jelas Umam.

Umam melanjutkan, tantangan yang dihadapi saat ini ialah mahalnya harga alat untuk pendeteksi bencana. Sehingga belum bisa mengurangi dampak yang terjadi pasca bencana.

“Pelajar harus mampu memodifikasi alat pendeteksi bencana yang sederhana dengan harga yang terjangkau. Jadilah pelajar pelopor penanggulangan bencana dengan inovasi baru sehingga dapat mengurangi dampak yang terjadi pasca bencana. IPM pasti bisa!,” imbuhnya. []

Reporter : Riza
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here