Ketum IPM Jateng Sampaikan 4 Rencana Strategis IPM ke Depan

0

TabloidCermin.Com, Tegal – Ketua Umum (Ketum) Ikatan Pelajar Muhammdiyah (IPM) Jawa Tengah terpilih M. Nurul Huda menyampaikan beberapa hal terkait gerakan IPM ke depan. Hal ini disampaikan Huda beberapa saat setelah Musayawarah Wilayah (Muswil) IPM di Lebaksiu, Tegal, Kamis-Minggu (28-02/3/2019) lalu.

Huda mengatakan, IPM dapat melihat bahwa grand desain literasi berdikari sangat sulit diterjemahkan pada tataran grassroots (akar rumput). “Pada periode ini semoga bisa mengeluarkan ide-ide yang mudah diterjemahkan oleh adik-adik yang ada di Ranting maupun Cabang dengan tidak menghilangkan gerakan keilmuan sebagai kultur IPM Jateng,” katanya.

Huda melanjutkan, menurutnya ada banyak faktor yang membuat kader-kader IPM tidak kembali ke Persyarikatan. Hal ini menjadi jelas bahwa faktor utamanya ialah lemahnya ideologi Kemuhammadiyahan di tubuh IPM Jateng.

“Saya menawarkan grand desain keilmuan melalui budaya membaca dan menulis serta penguatan ideologi yang sesuai dengan nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Muhammadiyahan,” papar Huda.

Dia menyampaikan, beberapa rencana strategis IPM Jateng ke depan yakni, pertama, turun ke bawah (Turba) di setiap Daerah untuk melakukan pengawasan sekaligus bentuk pendampingan PW IPM terhadap PD IPM se-Jawa Tengah.

Kedua, memasifkan perkaderan di Jateng melalui pelatihan perkaderan formal maupun non-formal.

Ketiga, kemandirian organisasi dengan pembentukan badan usaha.

Keempat, pihaknya berencana mengajukan tuan rumah Muktamar IPM pada tahun 2021 mendatang.

“Semoga keempat rencana strategis ini bisa terlaksana dengan baik. Tentu semua itu dibutuhkan kerjasama dari kader-kader IPM se-Jawa Tengah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahmad Basyirudin selaku Ketua Umum periode 2017-2019 mengajak kepada IPM Jateng agar terus berkarya. Menurutnya, Musywil IPM telah usai dan sudah saatnya kembali satukan visi dan terus berkarya untuk IPM Jateng yang Berkemajuan.

“Saya Ahmad Basyirudin selaku ketua umum periode 2017-2019 ijin pamit undur diri. Harapan IPM Jateng agar terus berkarya, berjuang dan bergembira,” katanya. []

Reporter: Riza
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here