Kang Heri, Malang Melintang di Organisasi, Tak Pernah Surut untuk Mengabdi

0
Heri Susanto. Foto: Dok Pribadi.

“Urip Iku urup. Hidup haruslah bisa menjadi lentera bagi yang lain.”

ITULAH prinsip yang dipegang Heri Susanto, Apoteker sekaligus Aktifis Muhammadiyah. Atas dasar itu, pria kelahiran Cilacap, 20 Februari 1985 ini selalu mendedikasikan hidupnya untuk mengabdi dan membantu orang lain.

Di sela-sela kesibukan kerja sebagai apoteker, Kang Heri, begitu sapaan akrabnya, terus ambil bagian dalam gerakan Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah. Dia menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah (2015-2019).

Kang Heri telah banyak malang melintang sebagai aktivis. Sepak terjangnya dimulai ketika kuliah di Jurusan Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Saat itu, dia menjabat Bidang Advokasi di Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia (Ismafarsi) tahun 2005-2006. Kemudian menjadi Ketua Koorkom Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (2006-2007), hingga didaulat menjadi Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) (2007-2008).

Karir di organisasi terus mengalami peningkatan. Tahun 2008-2009 Kang Heri menjadi Ketua Bidang Sosial Ekonomi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM Jawa Tengah. Setelah itu, dirinya dipercaya menjadi Ketua Umum DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Tengah (2010-2012). Kemudian berlanjut dengan menjadi konsultan (Civil Society Strengthening Coordinator Program USAID-EMAS Kabupaten Banyumas dan Cilacap (2012-2014).

Tahun 2014-2016, Kang Heri menjadi Konsultan (Civil Society Officer Program USAID-Expanding Maternal and Neonatal Survival (EMAS) Jawa Tengah). Di tahun yang sama, di tengah-tengah kesibukannya itu, Kang Heri juga menjadi Pemimpin Usaha Tabloid Cermin PW Muhammadiyah Jawa Tengah.

Dengan menjadi aktivis, Suami dari Regi willy Sartika ini bisa mencurahkan jiwa dan pikirannya untuk sesama, baik bagi teman sejawat mahasiswa maupun masyarakat. Dia senantiasa mengamalkan ilmunya. Seperti pada program EMAS yang dikawalnya, Kang Heri memberikan pelatihan, pengarahan dan pendidikan untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan pasca melahirkan.

Sekarang, Kang Herimenetap di Purbalingga, bersama istri dan anaknya, Ibrahim Nusantara. Walaupun program studi sudah selesai, Kang Heri masih aktif di organisasi Pemuda Muhammadiyah. Dia juga aktif di bidang keagamaan, pengentasan kemiskinan dan pendidikan. Sebagai wakil Ketua, bersama teman-temannya di Pemuda, Kang Heri membaur bersama masyarakat untuk menelusuri akar persoalan serta berupaya memberikan solusi final bagi problem yang terjadi.

“Kehormatan seseorang bukan terletak pada apa yang ia miliki namun pada apa yang ia berikan,” katanya kepada Tabloid Cermin, belum lama ini.

Atas dasar itu, Kang Heri terus menghibahkan hidupnya untuk bisa membantu masyarakat. Menurutnya, mengisi hidup dengan kebaikan adalah jalan terbaik menuju Tuhan.

“Ini adalah sikap Sangkan Paraning Dumadi,” katanya. [ilyas/rif]

Profil Heri Susanto

Nama Lengkap :Heri Susanto, S.Farm
Alias : Kang Heri
Profesi : Apoteker dan Aktivis
Agama : Islam
Tempat/Tgl Lahir :Cilacap, 20 Februari 1985
Istri : Regi willy Sartika
Anak : Ibrahim Nusantara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here