Pasar Tiban MIM PK Boyolali, “Cilik-Cilik Pintar Berbisnis”

0
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM-PK) Boyolali mengadakan event Pasar Tiban, Rabu (14/3/2019). Even jeda tengah semester genap tersebut bertema "Cilik Cilik Pintar Berbisnis" . Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com, Boyolali – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus (MIM PK) Boyolali mengadakan event Pasar Tiban, Rabu (14/3/2019). Even jeda tengah semester genap ini bertema “Cilik Cilik Pintar Berbisnis”. Para siswa diajari berjualan sekaligus berperan sebagai pembeli.

Kepala MIM PK Boyolali Rohmah mengatakan, Pasar Tiban atau yang biasa disebut Market Day di MIM PK Botolali bertujuan agar siswa belajar berwirausaha yang menjual sekaligus membeli dengan kejujuran. Praktiknya, siswa menjual aneka jajanan sehat rumahan seperti jasuke(jagung singkong keju), brownis, puding, jus jambu, sate buah, empek empek, dan lain-lain.

“Event ini akan membekali anak anak berbagai aspek kejujuran, keberanian, saling menghargai, dan belajar untuk percaya diri. Setidaknya, mereka dapat pengalaman berharga ketika menginjak dewasa,” katanya.

Pasar Tiban MIM PK Boyolali terselenggara rutin setiap tahun sebagai upaya pengembangan karakter anak di luar dari segi kognitif. Event kali ini dikuti oleh 74 siswa yang telah mengikuti rangkaian persiapan property sebelum berdagang.

Pasar Tiban tidak lepas dari bantuan komunitas orang tua siswa MIM PK Boyolali yaitu Parents. Parents membantu menyusun menu untuk anak anak. Berkat kerjasama yang luar biasa sehingga, event tersebut memberi dampak yang begitu besar untuk siswa dan kemajuan sekolah.

Zidane, salah satu siswa kelas 1B megaku sangat senang dengan diadakannya event Pasar Tiban. Dengan kegiatan tersebut dia bisa belajar menjual dagangan. “Kalau tidak habis dimakan sendiri,” katanya. []

Reporter: Ilyas/ Rohmah
Editor : M.Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here