Tiga Komponen Kekuatan Indonesia, Syaratnya Integritas

0
Seminar Nasional Grand Opening Madrasah Demokrasi Ikatan (Madin) DPD IMM Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Semarang, Jumat, (15/3/2019). Foto: Ilyas.

TabloidCermin.Com, Semarang – Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Khafid Sirotudin mengatakan, kunci kekuatan Indonesia terletak pada Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan komponen masyarakat tak terkecuali Muhammadiyah.

“Usia Muhammadiyah jauh lebih tua dari Indonesia. Muhammadiyah lahir tahun 1912, setelah itu ada Nahdlatul Ulama’ (NU) yang lahir tahun 1926. Selama Muhammadiyah, NU dan komponen-komponen masyarakat lainnya masih kuat dan berintegritas, insyaallah Indonesia masih selamat,” ujar Khafid saat menjadi pembicara dalam Grand Opening Madrasah Demokrasi Ikatan (Madin) DPD IMM Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Semarang, Jumat, (15/3/2019).

“Indonesia akan terus ada jika ketiganya masih tetap berintegritas,” sambungnya.

Terkait integritas itu sendiri, Khafid menjelaskan, adalah satu upaya bagaimana mengolah hati dan pikiran agar berjalan selaras. Menurut Khafid, hal ini telah dicontohkan oleh tokoh-tokoh besar seperti pendiri Muhammadiyah Kiai Ahmad Dahlan dan Jenderal Soedirman.

“Semua berawal dari Integritas,” imbuhnya. []

Reporter: Ilyas
Editor : M. Arif 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here