PDM Kota Magelang Bangun Sistem Kepegawaian Online

0
impinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang membangun sistem kepegawaian online. Sistem tersebut diberi nama SIMPEG Muhammadiyah. Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com, Magelang – Guna meningkatkan pelayanan dan kinerja pegawai di lingkup Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang membangun sistem kepegawaian online. Sistem tersebut diberi nama SIMPEG Muhammadiyah.

SIMPEG dibangun untuk menjawab persoalan administrasi pegawai yang selama ini masih menggunakan sistem manual. Sementara kebutuhan teknologi informasi dalam mengelola sumber daya manusia semakin dianggap perlu demi menunjang keberhasilan menggerakkan amal usaha.

“Salah satu yang dipandang penting dalam manajemen SDM adalah bagaimana meningkatkan mutu layanan dan kinerja pegawai. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem yang dapat meningkatkan nilai efektifitas dan efisiensi pada lembaga, ” kata Tim Pelaksana Pembuatan SIMPEG Bambang Pujiarto.

Dengan sistem kepegawaian online, penyimpanan data seluruh pegawai AUM di lingkup PDM Kota Magelang diharapkan dapat terintegrasi. Sehingga memiliki basis data yang dapat digunakan untuk kepentingan lembaga dalam mengelola sumber daya manusia.

Tahap awal, pengembangan aplikasi ini meliputi pengelolaan data pegawai yang berkaitan dengan status pegawai, jenjang karir pegawai, kinerja pegawai dan gaji pegawai. Tahap selanjutnya, dimungkinkan untuk pengembangan sistem sesuai dengan kebutuhan.

Pengerjaan SIMPEG dilaksanakan oleh tim yang dibentuk PDM Kota Magelang. Terdiri dari beberapa pengurus PDM dan AUM serta melibatkan tim teknis dosen dan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). []

Reporter : Fawaid
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here