Jangan Tentang, Mari Rawat dan Jaga Pancasila!

0
Sosialisasi Empat Pilar MPR di Hotel Front One Boyolali, Sabtu (23/3/2019) diikuti sejumlah aktifis dan warga Muhammadiyah Boyolali. Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com, Boyolali – Bangsa Indonesia patut bersyukur karena memiliki Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi negara. Pancasila merangkul semua golongan di tengah-tengah masyarakat yang majemuk.

“Karena itu, mari kita jaga dan rawat Pancasila agar kita bisa hidup bersama dengan aman damai di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tercinta”, kata anggota MPR RI Rahmad Handoyo dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR di Hotel Front One Boyolali, Sabtu (23/3/2019).

Direktur Al Wasath Institute Faozan Amar yang juga narasumber dalam acara tersebut mengatakan, sekalipun Pancasila telah menjadi dasar dan ideologi negara, dalam realitasnya masih ada yang menentang. Penentangan terjadi karena banyak faktor, baik karena alasan teologis, ideologis maupun historis.

“Karena itu sosialisasi empat pilar MPR RI tetap panting dan strategis untuk terus menerus dilakukan,” ujar Faozan.

Sementara itu, Ketua Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Boyolali Thontowi Jauhari mengatakan, dulu jaman orde baru ada penataran P4 dan Pendidikan Moral Pancasila yang diajarkan di setiap sekolah. Namun, sejak awal reformasi program itu dihilangkan.

“Tetapi kita bersyukur Sekarang sudah ada Sosialiasi empat pilar dan dibentuknya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),” katanya.

Sosialisasi Empat Pilar di Boyolali bekerjasama dengan Al Wasath Institute dengan diikuti sejumlah aktifis dan warga Muhammadiyah Boyolali. []

Reporter: Fawaid/FA
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here