Dirikan Posko TB, TB HIV Care ‘Aisyiyah Wonosobo Buka Konsultasi Gratis untuk Masyarakat

0
Sebagai bentuk perhatian terhadap kesehatan masyarakat, SSR TB HIV Care 'Aisyiyah Wonosono mengadakan Grebek TB, Rabu (27/3/2019). Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com, Wonosobo – Sebagai bentuk perhatian terhadap kesehatan masyarakat, SSR TB HIV Care ‘Aisyiyah Wonosono mengadakan Grebek TB, Rabu (27/3/2019).

Grebek TB dimulai dengan investigasi kontak pasien TB di 13 Kecamatan. Puncaknya, sarasehan Kader TB dengan menghadirkan keynote speaker Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo Fairuz dan Dinas Kesehatan Wonosobo Dr. Kenyorini. Kegiatan melibatkan beberapa organiasasi masyarakat, OPD Pemerintah Wonosobo, BMT, Kader TB PKK Kecamatan Wonosobo, dan kader TB Care ‘Aisyiyah Wonosobo.

Fairuz sangat senang dan bangga atas kerja luar biasa kader TB yang tidak kenal lelah, berjuang lintas desa untuk menemukan dan merujuk pasien TB baru ke fasilitas kesehatan masyarakat. Fairuz memberi semangat semua kader agar bekerja dengan ikhlas, berjuang demi masyarakat Indonesia khususnya di Wonosobo.

Koordinator TB Care Aisyiyah Wonosobo Khairul Basyari menyatakan, dirinya merasa terharu melihat perjuangan para kader yang sudah dibentuk sejak 2016 tersebut. “Merekalah para pejuang kesehatan sejati. Jika orang normal menemukan orang batuk lalu dijauhi, berbeda dengan kader TB. Jika menemukan orang batuk, malah mreka datangi,” katanya.

Menurut Basyari, perjuangan belum berakhir karena penderita TB di Indonesia cukup banyak. “Indonesia masih menempati peringkat ke 3 terbanyak di dunia kasus TB, setelah India dan Cina,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, telah diresmikan juga “Posko TB” oleh Dinas Kesehatan Wonsobo. Posko TB bertempat rumah para kader TB sebagai sarana konsultasi gratis bagi masyarakat yang membutuhkan info seputar gejala TB. Selain itu, ada santunan berupa sembako dan uang bagi pasien TB yang dinilai kurang mampu. []

Reporter: Fawaid
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here