“Beberapa Anak Muda Generasi Politik Malah Terjerat Korupsi”

0
Madrasah Demokrasi Ikatan (MADIN) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Tengah berjalan lancar, Kamis (28/3/2019). Foto: Ilyas

TabloidCermin.Com, Semarang – Madrasah Demokrasi Ikatan (MADIN) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Tengah berjalan lancar, Kamis (28/3/2019). Diskusi yang bertempat di Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah tersebut mengangkat tema Komitmen Politisi Anti Korupsi. Hadir sebagai pembicara, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono.

Menurut Agung, anak muda harus memiliki kepekaan, dimanapun mereka berada. Kepekaan harus dilatih, dikondisikan dan dilakukan. IMM sebagai organisasi besar diharapkan bisa menjadi wadah untuk kepekaan tersebut. “Rasa peka tidak muncul dengan sendirinya, melainkan harus dilatih,” katan dewan dari Fraksi PKS ini.

Dia menjelaskan, usia muda tidaklah panjang. Jika pemuda tidak terlibat dan tidak menjadi bagian penting dari perubahan-perubahan, maka berarti sudah melewati masa emas. Di Indonesia, lanjutnya, populasi pemuda sangat besar. Maka, IMM harus menjadi bagian yang akan mengambil peran besar untuk bangsa.

“Pemuda punya peluang, apalagi di era digital dan bonus demografi saat ini, maka pemuda harus bisa membaca zaman dengan cara berdiskusi, berdialog banyak berinteraksi dengan lingkungan dan mengambil peran besar,” katanya.

Namun di tengah-tengah peran itu, Agung melanjutkan, anak muda masa sekarang ditempa persoalan yang sangat kompleks. Mulai dari persoalan narkoba, free sex, hingga persoalan korupsi. Menurutnya, sekarang korupsi semakin muda, karena beberapa anak muda yang diharapkan jadi penerus generasi politik malah terjerat kasus korupsi. “Penyakit korupsi menyerang semua kalangan,” jelasnya.

Selain Agung, kegiatan MADIN IMM juga dihadiri Wakil Ketua DPD KNPI Jawa Tengah Lukman Hakim dan Ketua Umum DPD IMM Jawa Tengah Badrun Nuri sebagai pembicara. []

Reporter: Ilyas
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here