Outing Class di TN Gunung Merbabu, 70 Siswa SMP M Plus Salatiga Susuri Hutan Pinus

0
Sebanyak 70 siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Plus Salatiga mengikuti kegiatan outing class di Taman Nasional Gunung Merbabu Pesona Alam Kalipasang Pulihan, Batur, Getasan, Kabupaten Semarang, Selasa (9/4/2019). Foto: Nadya.

TabloidCermin.Com, Salatiga – Sebanyak 70 siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Plus Salatiga mengikuti kegiatan outing class di Taman Nasional Gunung Merbabu Pesona Alam Kalipasang Pulihan, Batur, Getasan, Kabupaten Semarang, Selasa (9/4/2019). Mereka didampingi sebanyak delapan guru pendamping.

Outing class merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau luar sekolah guna menunjang pembelajaran siswa di kelas. Pembelajaran ini dinilai berguna untuk menumbuhkan kreatifitas serta mengembangkan pembelajaran keranah kontekstual sesuai dengan acuan kurikulum 2013.

SMP Muhamadiyah Plus Salatiga rutin melaksanakan outing class setiap dua kali dalam satu semester. Taman Nasional Gunung Merbabu dipilih sebagai untuk memberikan pengetahuan tentang manfaat lingkungan alam serta buatan, memahami ciri-ciri makhluk hidup, serta mempraktikkan rumus Pythagoras sebagai aplikasi dalam pembelajaran Matematika.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 sampai pukul 11.00 WIB. Siswa dibagi kedalam tujuh kelompok belajar dengan masing-masing kelompok berisi 10 anak. Selanjutnya, siswa diminta untuk berjalan menyusuri hutan pinus sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

Terdapat 4 pos pembelajaran dengan tantangan yang berbeda. Pos pertama mata pelajaran matematika. Masing-masing kelompok diminta untuk mengukur tinggi pohon menggunakan Theorema Phytagoras. Di pos kedua peserta diberikan tugas mengamati ciri morfologi dari tumbuhan pinus, hal ini mengacu pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sedangkan pos ketiga, dengan metode games, peserta ditantang untuk menyampaikan pesan diantara teman kelompoknya menggunakan bahasa Inggris dengan kalimat yang telah ditentukan. Kemudian di pos keempat, untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab, peserta bermain komunikata menggunakan bahasa Arab.

Outing class kali ini diharapakan membentuk karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Selain kontektualisasi pengetahuan, kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter kerjasama antar teman melalui games yang diberikan. []

Reporter : Fawaid/ Nadya
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here