USBN Terapkan CBT, SMK Ponpes Jekulo Kudus Diapresiasi Dinas Pendidikan Wilayah

0
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Ponpes Jekulo Kudus menerapkan Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaan USBN tahun 2019. Foto: Humas SMK dok.

TabloidCermin.Com, Kudus – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Ponpes Jekulo Kudus menjadi satu di antara lima SMK di Kabupaten Kudus yang menerapkan Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaan USBN tahun 2019. Langkah ini mendapat apresiasi positif dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III saat melakukan monitoring, Jumat (29/3/2019) lalu.

Kepala SMK Muhammadyah Jekulo Salim menjelaskan, pelaksanaan USBN tahun 2019 ini SMK Muhammadiyah Jekulo menggunakan model CBT seperti UNBK. “Kegiatan dilaksanakan di 3 Laborat Komputer satu shift 2 mapel setiap tiap harinya yang diikuti 81 siswa didik,” katanya kepada tabloidcermin.com, Kamis (11/4/2019).

Salim mengatakan, ada beberapa kelebihan sistem USBN CBT. Pertama, menghemat jumlah ruangan karena menggunakan Laboratorium Komputer yang bisa diisi lebih dari 20 siswa setiap laboratorium. Kedua, hemat jumlah pengawas. Ketiga, hemat kertas.

Keempat, pelaksanaan USBN lebih jujur dan tertib karena siswa bekerja mandiri. CBT dapat meminimalisir perilaku mencontek siswa karena soal diacak baik nomor dan option jawaban oleh sistem seperti UNBK.

Kelima, tidak dibutuhkan koreksi manual atau silang sebab hasil ujian sudah diproses sistem secara langsung. “Semoga dengan menggunakan model CBT ini pelaksanaan USBN tahun 2019 berjalan lancar dan mampu memberikan kontribusi positif untuk siswa dari sisi kemandirian juga motivasi belajar,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Sunoto melakukan monitoring ke beberapa SMK yang saat ini sedang melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sunoto mengapresisai SMK Muhamamdiyah Ponpes Jekulo karena menerapkan CBT.

“Hari ini monitoring di Kabupaten Kudus, yaitu di SMK Muhammadiyah Ponpes Jekulo. Dan ada satu hal yang menarik, yaitu SMK ini merupakan salah satu sekolah yang USBN tahun ini melaksanakan dengan sistem CBT,” ujar Sunoto sebagaimana dilansir dari SeputarMuria.Com.

Sunoto mengatakan, selain SMK Ponpes Jekulo, beberapa SMK yang telah menerapkan CBT yaitu SMK Muhamamdiyah Kudus, SMK NU Ma’arif 2 Kudus, SMK Mambaul Falah, dan SMK Duta Karya.

“Terkait CBT di SMK, memang baru tahun ini untuk USBN nya,” katanya. []

Reporter : Miftah
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here