Apel Siaga, Kokam Sejak Lahir hingga Akhir Akan Bela Negara

0

TabloidCermin.Com, Kebumen – Musyawarah Wilayah (Musywil) XVII Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah di Komplek Wisata Benteng Van Der Wijck, Gombong, Kebumen dimulai dengan apel siaga Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Muhammadiyah. Apel Siaga Kokam berlangsung di dalam benteng Van Der Wijck.

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Zainudin menegaskan kembali peran dan fungsi Kokam Muhammadiyah, termasuk yang berhubungan dengan fungsi kebangsaan.

“Kokam sejak lahir hingga akhi akan bela negara,” kata Zainuddin yang menjadi inspektur Apel.

Selain itu, lanjut Zainuddin, Kokam harus membantu kemanusiaan. Kokam dididik dan tidak boleh menutup mata untuk membantu kemanusiaan.

“Kokam tidak lupa membantu pendidikan kemanusiaan,” imbuhnya.

Fungsi lain dari Kokam, kata Zainuddin, ialah menperkuat ukhwah islamiah.Dia mengimbau, jika ada perbedaan pandangan satu sama lain jangan sampai saling meninggalkan.

“Tantangan ke depan akan lebih rumit, menantang, dan berat. Apakah kawan-kawan siap?” tanya Zainuddin kepada seluruh Kokam yang mengikuti apel.

“Siap!” jawab Kokam bersama-sama.

Zainuddin kemudian mengimbau agar anggota Kokam selalu ingin pada prinsip Muhammadiyah, yaitu amal makruf dan nahi mungkar.

Laporan Ketua Panitia dalam Pembukaan Musywil XVII menyebutkan, anggota Kokam yang ikut apel siaga di Benteng Van Der Wijck sebanyak 2.000 orang.

“Dari 35 kabupaten atau kota yang terdaftar dalam Musywil sebanyak 1.666 orang, pengembira sekitar 2.000 orang dan anggota KOKAM yang sudah melaksnakan apel tadi sebanyak 2.000 orang,” kata Ketua Panitia Sutarno. []

Reporter : Miftah
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here