Diterima, LPJ Pemuda Muhammadiyah Jateng Dapat Enam Catatan dari PDPM Kota Semarang

0

TabloidCermin.Com, Kebumen – Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pemuda Muhammadiyah (PM) Jawa Tengah telah berlangsung di Gedung Diponegoro Komplek Wisata Benteng Van Der Wijck, Gombong Kebumen, Rabu (2/2/2019). Proses LPJ PWPM Jawa Tengah berjalan lancar dengan diikuti oleh tiga puluh empat PDPM Se Jawa Tengah.

Secara keseluruhan LPJ PM Jawa Tengah diterima oleh PDPM yang hadir pada acara Musywil. Namun ada empat PDPM yang memberi catatan terhadap periode kepemimpinan Zainuddin Affandi tersebut, yaitu PDPM Jepara, PDPM Banyumas, PDPM Kabupaten Semarang dan PDPM Kota Semarang.

Ketua PDPM Kota Semarang A.M. Jumai menyampaikan catatannya dalam sidang LPJ. Dia mengatakan, ada enam aspek PWPM Jateng yang perlu diperbaiki.

Pertama, aspek Organisasi, perlu adanya evaluasi terhadap kesekretariatan, administratif, eksistensi dan kewibawaan PWPM Jawa Tengah.

Kedua, aspek Kepemimpinan, Figur pimpinan harus mencerminkan kepribadian Rasulullah yaitu Shidiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan) dan Fathanah (cerdas).

“Seorang pemimpin harus memiliki empat aspek tersebut, khususnya ketua,” kata Jumai.

Ketiga, aspek Program Kerja. Menurut Jumai, beberapa program kerja yang diadakan oleh PWPM Jawa Tengah tidak merata di seluruh PDPM sejawa Tengah dan akses kegiatan terbatas.

Keempat, aspek Jaringan, PWPM Jawa Tengah lemah dalam membangun jaringan dan lemah dalam hal lobi-lobi politik.

Kelima, Perkaderan, seharusnya perkaderan diseriusi dan diutamakan, bukannya terbelah dalam dikotomi dan terjebak dalam konflik kepentingan

Keenam, Pengelolaan dan Pengembangan Aset Keuangan, Laporan transparansi dan akuntabilitas keuangan kurang serta pengembangan asset tidak maksimal.

“Jangan sampai kegagalan kepemimpinan diwariskan kepada generasi berikutnya. Konflik- konflik individu jangan sampai terbawa kepada ranah organisasi,” jelas jumai. []

Reporter : Ilyas
Editor : M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here