Wasekret PWM Jateng: Pengajian Adalah Ruh Muhammadiyah

0
Suasana Pengajian Ramadhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan 'Aisyiyah se Karesidenan Pekalongan di Aula Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Minggu (19/5/2019). Foto: Tika

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Berdirinya Muhammadiyah dahulu melalui pengajian. Karena itu, pengajian menjadi ruh bagi Muhammadiyah.

Hal ini disampaikan Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Wahyudi saat membuka Pengajian Ramadhan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se Karesidenan Pekalongan di Aula Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Minggu (19/5/2019).

Baca juga: Pesan Haedar Nashir pada Kader Muhammadiyah Terkait Hasil Penghitungan KPU dan Aksi 22 Mei 2019

Untuk itu, Wahyudi berharap, melalui pengajian yang dihadiri ratusan kader tersebut, warga Muhammadiyah di tingkat Cabang sampai ranting terus bersemangat dalam merawat pengajian.

Menurut Wahyudi, dalam matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah disebutkan, warga Muhammadiyah hendaknya dapat membaur dengan masyarakat. Pengajian menjadi salah satu cara memanifestasikan kehidupan bermasayarakat warga Muhammadiyah. “Sebab Muhammadiyah hadir untuk berdinamika dengan kehidupan masyarakat,” katanya.

Baca juga: Safari Ramadhan PCPM Doro, Gerakan Rutin Perkuat Kader

Wahyudi juga menjelaskan, pengajian PCM dan PCA tingkat karesidenan tersebut baru pertama dilakukan. Pengajian ditempatkan di Stikes Muhammadiyah Pekajangan, Karesidenan Semarang di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Karesidenan Banyumas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Karesidenan Kedu di Universitas Muhammadiyah Semarang Purworejo (UMP), Karesidenan Pati di Universitas Muhammadiyah Kudus, dan Karesidenan Solo raya di Universitas Muhammadiyah Semarang Surakarta (UMS).

“Sebelumnya program rutin ramadhan PWM Jateng hanya untuk Angkatan Muda Muhammadiyah dengan nama program Pesantren AMM,” tutur Wahyudi. []

Reporter: Tika
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here