Wujudkan Remaja Sehat, PD Nasyiatul Aisyiyah Pekalongan Galakkan PASHMINA

0

TabloidCermin.Com, Pekalongan – PASHMINA merupakan salah satu program Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah yang diturunkan ke wilayah dan daerah sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi remaja.

Sebagaimana diketahui, permasalahan remaja saat ini cukup kompleks, seperti remaja anemia, seks bebas, stress, hamil di luar nikah, pernikahan dini, narkoba dan HIV aids. PASHMINA hadir sebagai bentuk kepedulian NA terhadap masa depan remaja.

“PASHMINA adalah program unggulan kami. PASHMINA merupakan layanan remaja sehat yang bentuknya seperti posyandu remaja namun dengan kemasan yang lebih komprehensif,” kata Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Pekalongan Siti Khuzaiyah.

Siti menjelaskan, dalam pelayanan pashmina terdapat enam pos yaitu pos identifikasi dan pengukuran indeks masa tubuh, pos pemeriksaan Hb (haemoglobin), pos konseling kesehatan reproduksi, pos konseling prikologi, pos edukasi dan pos pemberian makanan tambahan.

“Alhamdulillah program ini sudah berjalan rutin setiap bulan di dua cabang, yaitu cabang Kajen dan Cabang Siwalan,” jelasnya.

Ada 3 cabang lain yang siap running pashmina bulan depan. Nasyatul Aisyiyah Pekalongan menargetkan, pada akhir tahun 2019, seluruh cabang Nasyiatul Aisyiyah di Kabupaten Pekalongan mampu melaksanakan pashmina. Saat ini, PDNA Kabupaten Pekalongan telah memiliki 14 cabang aktif yang tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

Pashmina sendiri terdiri dari dua bentuk, yaitu “pashmina On The Road” dan “pashmina Goes to School”. Saat ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, PDNA Pekalongan sudah bekerjasama dengan dinas kesehatan dan dinas terkait lainnya di Kabupaten Pekalongan.

“Puskesmas setempat juga sebagian sudah ikut terlibat. Saya harap ke depan akan semakin luas lagi dukungan dari pemerintah untuk keberlangsungan program pashmina ini, sehingga ke depan terwujud remaja yang sehat secara paripurna di Pekalongan, “ jelas Siti Khuzaiyah. []

Reporter : Fawaid
Editor : M.Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here