Tangkal Radikalisme, IMM Jateng Tanamkan Moderasi Muhammadiyah Lewat Pelatihan Da’i Muda

0
Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Da'i Muda Muhammadiyah, Jumat-Minggu (24-26/5/2019). Foto: IMM Jateng Doc.

TabloidCermin.Com, Kendal – Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Tengah mengadakan Pelatihan Da’i Muda Muhammadiyah, Jumat-Minggu (24-26/5/2019). Kegiatan yang diikuti oleh puluhan kader IMM Jawa Tengah tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Darul Arqam 4 Ringinarum, Kendal. Kegiatan bertajuk “Mempertegas Dakwah Moderasi Muhammadiyah di Tengah Eksklusifisme Agama”.

Baca juga: Refleksikan Demokrasi, IMM Surakarta Aksi Diam Diri di Simpang Tiga UMS

Ketua Umum DPD IMM Jawa Tengah Badrun Nuri mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka ideologisasi Muhammadiyah ke dalam diri kader IMM. Menurutnya, hal ini sangat penting untuk menanamkan pemahaman kemuhammadiyahan yang kuat. Selain itu, karena kader IMM hari ini adalah calon pimpinan Muhammadiyah esok.

“Menyampaikan dan memberikan pemahaman tentang kemuhammadiyahan kepada kader adalah tugas IMM,” ujar Badrun kepada tabloidcermin.com di sela-sela acara.

Yang tak kalah penting, lanjut Badrun, ialah untuk menanamkan paham moderasi Muhammadiyah. Memahami nilai moderasi Muhammadiyah menurutnya akan menangkal radikalisme dan ekstremisme yang mulai beredar di Indonesia.

“Materi-materi di dalam pelatihan menyajikan kontra narasi radikalisme,” imbuhnya.

Baca juga: Mewujudkan Gerakan Budaya Literasi Kader IMM

Melalui pelatihan da’i muda Muhammadiyah, Badrun berharap akan lahir da’i-da’i yang akan pembawa pencerahan untuk umat.

Sementara Ketua Bidang Tablig dan Keislaman DPD IMM Jawa Tengah Galuh Andi Lukman menambahkan, kegiatan tersebut dinilai penting dan bermanfaat karena nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dapat diterapkan untuk kalangan IMM.

“Kita dapat melahirkan kader IMM yang mampu ber-Da’i untuk mendakwahkan ideologi pergerakan muhammadiyah,” katanya.

Baca juga: IMM AIS Muhammadiyah Sajikan Ragam Kegiatan Ramadhan

Di sisi lain, menurut Galuh, kegiatan tersebut dapat mengumpulkan kembali kader Pasca Musyawarah Daerah (MUSYDA) sehingga dapat membangun sinergisasi bersama bidang-bidang tabligh dari Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM).

“Hal ini tidak menyimpang dari ide besar Badrun selaku Ketua Umum DPD IMM bahwa dalam misi dakwah ini kita mengedepankan kerja kolektif,” ujar Galuh.

Pelatihan Da’i Muda IMM ikuti Lima Cabang IMM di Jawa Tengah yaitu IMM Kota Semarang, IMM Salatiga, IMM Magelang, IMM Kendal dan IMM Pekalongan. []

Repoter: Fauqi
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here