Pesantren Ramadhan di SDM Pasean, Siswa Melingkar Sambil Baca Qur’an di Halaman

0
Siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Khusus Pasean, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, mengikuti Pesantren Ramadhan di sekolah, Senin-Rabu (13-15/5/2019) lalu. Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Dalam rangka menanamkan nilai-nilai agama yang berdampak pada tertibnya ibadah terhadap diri siswa, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Khusus Paesan, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, mengadakan Pesantren Ramadhan. Pesantren Ramadhan berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu (13-15/5/2019) lalu.

Baca juga: Potret Muhammadiyah di Pelosok Longkeyang: Pelopor Wakaf Produktif, dari Iuran Receh hingga Lahan Cengkeh

Pesantren Ramadhan diisi dengan beberapa kegiatan. Di antaranya mengaji Al-Qur’an juz 30 dengan cara melingkar di halaman sekolah dan setoran hafalan juz 30.

Tak hanya itu, kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga siang itu diadakan juga penyampaian kultum dari guru kepada siswa yang dibagi menjadi beberapa kelas.

Kepala Sekolah Muhammad Azzam Anggoro mengatakan, Pesantren Ramdhan rutin dilaksanakan tiap tahun. Melalui kegiatan ini, dia berharap siswa menjadi terbiasa dalam melaksanakan ibadah.

“Jadi beribadah bukan karena terpaksa,” kata Adam kepada tabloidcermin, Rabu (295/2019).

Baca juga: KospinMu Sajikan Aplikasi Transaksi Mobile Online Multi Fungsi, Temukan Segera di Play Store

Program Ramadhan yang diikuti oleh 351 siswa tersebut ditutup dengan buka puasa dan sholat tarawih bersama. Namun, sambil menunggu waktu buka puasa, pihak SD Muhammadiyah Program Khusus Paesan mengundang Kunduri menghadirkan seorang pendongeng terkenal dari Kota Pekalongan.

“Agar siswa dan siswi senang mengakhiri kegiatan Pesantren Ramadhan ini,” ujar Adam. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here