Anak Muda Muhammadiyah Desa Ketanonageng Pekalongan Kembangkan Usaha Ternak Khusus Kebutuhan Hewan Qurban

0
Sapi menjadi salah satu Amal Usaha yang dikembangkan Anak Muda Muhammadiyah Desa Ketanonageng Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Foto: Istimewa.

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) terus dikembangkan dengan bergerak di sejumlah bidang. Salah satunya Amal Usaha di bidang peternakan yang digerakkan anak muda Muhammadiyah Desa Ketanonageng Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Dalam hal ini, mereka fokus mengelola sapi dan kambing yang dipersiapkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan Qurban.

Baca juga: Mahasiswa AIS Muhammadiyah Semarang Dapat Kesempatan Bergabung dengan Gatra

AUM di bidang peternakan ini bisa dibilang masih langka karena keluar dari kebiasaan Muhammadiyah yang biasanya bergerak di dunia pendidikan, kesehatan, dan perbankan.

Amal usaha di bidang peternakan di Desa Ketanonageng diberi nama TernakMu Maju. Usaha ini dikelola secara profesional, baik secara management maupun pemasaran. Pengelola bekerjasama dengan peternak desa.

Pengelola TernakMu Maju Hardi menjelaskan, AUM bidang peternakan ini salah satunya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban, terutama di Muhammadiyah. Sebab kebutuhan hewan qurban di Muhammadiyah sangatlah besar.

“Pada tahun 2018 menurut data LazisMu Kabupaten Pekalongan menghabiskan dana 6 Milyar untuk pembiyaan hewan qurban. 6 Milyar adalah angka yang sangat fantastis,” katanya kepada Tabloidcermin.com, Sabtu (22/6/2019).

Baca juga: Berkunjung ke Wagub, IPM Disarankan Kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah

Untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban yang sangat besar tersebut Muhammadiyah membeli keluar. Di sisi lain, Muhammadiyah selama ini belum memiliki AUM khusus peternakan. Padahal, menurut Hadi, kualitas dan harga hewan qurban skala besar akan lebih merata dan stabil jika membeli pada peternak langsung. Sebab peternak akan menyesuaikan dengan permintaan pembeli.

“Jika membeli tidak pada peternak maka bisa jadi akan ada ketimpangan harga,” katanya.

Hardi menuturkan, saat ini TernakMu Maju mengelola belasan sapi dan puluhan kambing yang siap dipakai saat Hari Raya Idul Adha. Melalui TernakMu Maju, pihaknya juga memiliki relasi dengan banyak peternak untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban.

“Kami berharap dana qurban yang sangat besar itu bisa berputar di lingkup Muhammadiyah melalui kerjasama dengan TernakMu Maju,” harapnya. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here