MTs Al Mu’min Muhammadiyah Temanggung Wakili Kabupaten dalam Ajang PIRN 2019 di Jawa Timur

0

TabloidCermin.Com, Temanggung – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung mewakili Kabupaten Temanggung untuk mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVIII. Perkemahan yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan berlangsung di Banyuangi Jawa Timur pada 23-30 Juni 2019.

Empat peserta dari MTs Al Mu’min yang akan mengikuti perkemahan nasional ini adalah Nadiffa Althaf Vayzza, Fatiha Jihad Najma Azzahra, dan Sinta Sufia Purnama Aulia, serta Guru Pembimbing Amalina Zakiyatul Fikri.

Sementara itu, ajang Ilmiah tingkat Nasional ini diikuti 1.000 siswa/guru (600 pelajar Nasional dan 400 pelajar Banyuwangi), mulai jenjang SD/SMP/SMA dan pertama kali di Indonesia dengan mengikutsertakan siswa SD.

PIRN berupa kegiatan ilmiah di lapangan terbuka yang berorientasi pada penelitian yang mencakup bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan serta ilmu pengetahuan alam dan teknik. Dalam kegiatan ini, para remaja langsung dibimbing dalam pelaksanaan penelitian dan diarahkan untuk menanamkan sikap dan perilaku scientific minded, scientific curiosity, scientific approach, dan leadership.

Kegiatan PIRN berupa pembinaan ilmiah kepada siswa yang diselenggarakan secara nasional untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai metodologi penelitian ilmiah serta etika penelitian. Dalam pelaksanaannya akan diadakan pelatihan penelitian di lapangan dan pembimbingan untuk menulis karya tulis ilmiah.

“Awalilah karir kalian menjadi peneliti muda lewat event nasional, nanti di sana akan bertemu dengan para professor, ahli, ilmuan dan pakar-pakar lainnya dalam ajang akbar tersebut, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin,” ungkap Ustadz Samsul dalam sambutan pelepasan keberangkatan peserta PIRN, Sabtu (22/6/2019).

Pelepasan dihadiri Mudirul Ma’had Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung Ustadz Syamsuri Adnan sekaligus memberikan restu keberangkatan peserta. []

Reporter: Riza Fitroh K.
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here