Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Ceritakan Alasan Berdirinya UM Pekajangan Pekalongan

0

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah
Lincolin Arsyad ucapkan selamat kepada masyarakat Pekalongan atas dilaunchingnya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP).

Hal itu disampaikan Lincolin saat memberikan sambutan dalam Grand Launching UMPP di Aula Stikes Muhammadiyah Pekajangan, Sabtu (29/6/2019).

“Selamat kepada masyarakat Pekalongan khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya atas diresmikannya UMPP,” kata Lincolin dihadapan ratusan tamu undangan.

Menurut Lincolin, proses penggabungan dari Stikes Muhammadiyah Pekajangan, STIE Muhammadiyah Pekalongan dan Politeknik Muhammadiyah Pekalongan menjadi UMPP melalui proses yang sangat panjang dan berdarah-darah. Dari itu, sudah semestinya masyarakat mensyukuri atas meleburnya ketiga Kampus tersebut menjadi UMPP.

“Setelah sekian lama, sekarang kita bisa menikmati meleburnya tiga kampus Muhammadiyah di Pekalongan menjadi UMPP,” ujar Lincolin.

Proses penggabungan Perguruan Tinggi, lanjut Lincolin, merupakan program Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, disamping itu juga merupakan program pemerintah. Sehingga secara tidak langsung Muhammadiyah membantu memudahkan pekerjaan pemerintah.

“Kampus di Indonesia sangat banyak sehingga pemerintah mempunyai program penggabungan dan kebetulan sama dengan Muhammadiyah,” katanya.

Lincolin melanjutkan, sejauh ini Universitas milik Muhammadiyah berjumlah lima puluh empat. Menurutnya, Secara Umum Perguruan Tinggi Muhammadiyah berkurang karena terjadi penggabungan beberapa perguruan tinggi menjadi Universitas.

“Secara kuantitas tidak apa menurun, tapi dari segi kualitas kita maju dan lebih sehat,” katanya.

Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universitas ini, kata Lingcolin, tidak hanya terjadi di Pekalongan. Berapa waktu lalu juga terdapat beberapa penggabungan serupa di beberapa daerah, salah satunya adalah Universitas Jambi yang terdiri dari dua gabungan Perguruan Tinggi.

Selanjutnya, menurut Lincolin, ada dua hal yang menjadi konsekuensi sebuah Universitas. Pertama, Universitas mempunyai tuntutan kerja yang tinggi, terutama pada pendidikannya.

“Mulai saat ini, UMPP harus tingkatkan kualitas SDM, terutama dosennya. Maka perbanyaklah doktornya,” katanya.

Kedua, perbanyak sarana prasarana. Karena Universitas yang maju, memiliki SDM yang unggul dan fasilitas yang memadai.

Lincolin berpesan agar pengelola UMPP
segera mempersiapkan susunan Rektorat dan BPH, mulai saat ini UMPP sudah harus mulai bekerja.

“Tidak ada waktu untuk kita berleha-leha, gunakan SK sebaik mungkin. Sekali lagi, selamat untuk masyarakat Pekalongan sudah memiliki UMPP,” tutupnya. []

Reporter: yas
Editor: M.Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here