130 Anggota Kokam Baru Ikuti Diklatsar di Tiga Titik

0
Sebanyak 130 anggota Kokam baru mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) di Lapangan Jambangan Wadas, Plantungan, Kendal, Sabtu-Ahad (29-30/6/2019). Foto: Dyah

TabloidCermin.Com, Kendal – Pimpinan Derah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kendal melalui Bidang Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) di Lapangan Jambangan Wadas, Plantungan, Kendal, Sabtu-Ahad (29-30/6/2019). Acara dibuka langsung Wakil Ketua PDM Kendal Abdullah Sachur.

Baca juga: LazisMu Kabupaten Tegal Bedah Rumah Warga Tuna Netra Sebatangkara

Abdullah Sachur mengapresiasi kegiatan Diklatsar bagi anggota baru KOKAM. Dia berharap Pemuda Muhammadiyah melalui KOKAM dapat menempatkan diri sebagai kader yang militan.

“Jadilah kalian sebagai kader yang tangguh, penggerak persyarikatan di semua lini kehidupan dalam berIslam, berbangsa dan bernegara” ucapnya.

Menurut Sachur, untuk menunjukkan diri sebagai kader yang handal diperlukan tindak lanjut dan sillaturrahmi antar sesama anggota KOKAM.

“Setelah kegiatan ini berakhir, yang lebih penting lagi adalah adanya kesinambungan kegiatan dalam bentuk kerjasama, sillaturrahmi untuk memperkuat fungsi dan komitmen KOKAM,” pintanya.

Baca juga: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Lebih Banyak Dibanding PTN di Bawah Kemenristek Dikti

Komandan KOKAM Budiyono mengatakan, kegiatan Diklatsar berlangsung di tiga titik lokasi, yaitu Dusun Jambangan Wadas, Dusun Jeplak Bendosari dan Desa Jati Kecamatan Plantungan.

Diklatsar diikuti sebanyak 130 peserta yang terdiri dari utusan PCPM se Kabupaten Kendal dan utusan dari PDPM daerah sekitar Kendal. Antara lain Magelang, Batang, dan Temanggung.

Adapun materi Diklatsar meliputi sejarah dan fungsi KOKAM, Bivak dan Survival, Fiqih Darurat Safat, Menjaga Imam dan Tauhid, Korsa dan Performa KOKAM, PAM, PBB dan Tum, Pengaturan Lalu Lintas serta Bela Negara. Kegiatan ini melibatkan TNI, POLRi, dan KOKAM Madra Kendal sebagai isntruktur.

Baca juga: Siapakah Rektor Perdana UMPP? Ini Jawaban Ketua Tim Pendiri

Ketua PDPM Kendal Akhmad Sulkhan menekankan tiga poin dalam Diklatsar tersebut, yaitu merawat ukhuwah islamiah, menjaga dan merawat NKRI, dan Mmenggembirakan kemanusiaan. Hal tersebut, kata Akhmad, sudah tertuang dalam Trilogi KOKAM.

“KOKAM sebagai salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan NKRI, maka tugas kita adalah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kehadiran KOKAM di tengah-tengah masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah bisa menggembirakan,” ujar Akhmad.

Pembukaan Diklatsar dihadiri POLSEK dan KORAMIL Plantungan, Ketua PCM Plantungan H Irfan, dan jajaran PDPM Kendal. []

Reporter: Fawaid/Dyah
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here