Lolos Selekda Jateng, Alumni SMK Muhamka Menuju Seleknas Asean Skills Competition 2019

0
Alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kajen (Muhamka) Muhammad Rozikin (tengah) lolos Seleksi Daerah (Selekda) Provinsi Jawa Tengah untuk Asean Skills Competition (ASC) 2019 di SMK N 7 Semarang pada 17 –20 Juni 2019. Foto: Rwd.

TabloidCermi.Com, Kajen – Alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kajen (Muhamka) Muhammad Rozikin kembali mengukir prestasi yang membanggakan. Setelah berhasil meraih juara LKS tingkat provinsi 2015 lalu LKS tingkat nasional 2016, Rizikin berhasil lolos Seleksi Daerah (Selekda) Provinsi Jawa tengah untuk Asean Skills Competition (ASC) 2019.

Baca juga: LazisMu Kabupaten Tegal Bedah Rumah Warga Tuna Netra Sebatangkara

Rozikin sudah menjadi alumni. Namun, semangatnya mengikuti kompetisi masih sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaannya di ajang Selekda Provinsi Jawa Tengah.

“Jangan pernah menyianyiakan kesempatan terakhir yang telah ada di depan mata,” katanya, dikutip dari portal resmi Muhamka.

ASC 2019 yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan itu menjadi kesempatan terakhir bagi Rozikin. Tahun depan Rozikin tidak dapat berkompetisi kembali karena peraturan usia. “Tahun depan usia saya sudah dua puluh dua tahun, tidak bisa ikut lagi,” ujar Rozikin.

Baca juga: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Lebih Banyak Dibanding PTN di Bawah Kemenristek Dikti

Rozikin menuturkan, kesuksesan dirinya tidak diraih dengan mudah. Dia harus berlatih ke Semarang dan Pati untuk mengasah kemampuannya. Di Semarang, Rozikin menemui Ridwan. Sedangkan di Pati, Rozikin menemui Setyo. Keduanya adalah tutor Rozikin.

“Selain berlatih di SMK Muhamka, saya menuju Semarang untuk menemui Pak Ridwan dan Pak Setyo di Pati. Beliau adalah tutor-tutor saya saat ikut lomba LKS tingkat nasional. Dan Alhamdulillah, berkat kerja keras ini semua, saya bisa meraih prestasi lagi,” ujar Rozikin.

Selekda Provinsi Jateng dari Disnakertrans berlangsung tanggal 17 –20 Juni 2019 di SMK N 7 Semarang dengan diikuti 10 peserta di SMK N 7 Semarang. Rozikin meraih juara 3 dengan nilai 71, 15, dan dinyatakan lolos seleksi daerah tingkat provinsi. Sedangkan juara 1 dan 2 diraih Sirojudin Munir dari Undip Semarang dan Ghifari Hari Sandi yang merupakan alumni SMK Boja.

Baca juga: Desas Desus Asip-Chandra di Pilbub Pekalongan, Ketum IMM Jateng: Pasangan Idealis-Harmonis

Untuk menghadapi Seleksi Tingkat Nasional (Seleknas), Rozikin mengaku akan berlatih intensif di bawah bimbingan Purnomo Sejati dari Jakarta yang akan menggelar latihan bersama di SMK Boja. Dia berharap bisa lolos dan bisa mewakili Indonesia di Asean Skill Competition 2019 di Singapura. “Mohon doanya,” pinta Rozikin.

Seleksi Nasional telah diselenggarakan akhir Juni untuk selanjutnya menjalani serangkaian pelatihan. ASC 2019 sendiri akan diselenggarakan Juli 2020.

Kepala SMK Muhamka Muhammad Rustam Aji menuturkan, Rozikin memiliki semangat juara yang tinggi dan menyukai tantangan. Rustam Aji mendukung penuh dan selalu mengawal Rozikin mulai dirinya mengikuti dan mendapatkan juara LKS Tingkat Provinsi 2015 silam.

“Kita selalu mengawal dan mendukung Rozikin untuk terus berprestasi meskipun dia telah menjadi alumni,” jelas Rustam Aji. []

Reporter: Ilyas/Rwd
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here