Enam Dosen UM Purwokerto Ikuti Konferensi Internasional di Turki

0
Enam Dosen UMP menjadi pemakalah dalam konferensi internasional ‘The 2nd International Conference o Language, and Culture (ICLEC)’ 2019 di Medipol University Turki pada 27-20 Juni 2019 lalu. Foto: Dok.UMP

TabloidCermin.Com, Purwokerto – Enam Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadi pemakalah dalam konferensi internasional ‘The 2nd International Conference o Language, and Culture (ICLEC)’ 2019 di Medipol University Turki. Salah satu perwakilan dari UMP Khristianto mengungkapkan syukurnya karena bisa megikuti konferensi tersebut.

Baca juga: Muhammadiyah Cabang Mesir Bantu WNI yang Terbelit Ijin Tinggal

Konferensi ICLEC 2019 diselenggarakan untuk kedua kalinya setelah yang pertama berlangsung di Siprus. ICLEC merupakan konferensi tahunan yang diselenggarakan tujuh lembaga di empat negara, yaitu Siprus, Turki, Macedonia, dan Amerika Serikat.

“Tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah kegiatan perdana yang digelar di Siprus dan suatu keberuntungan karena UMP kali ini dapat mengirimkan enam dosen untuk berpartisipasi aktif pada acara tersebut,” ujar Khristianto, salah satu perwakilan dari UMP dalam keterangan persnya, Selasa (9/7/2019).

Khristianto bersyukur karena bisa megikuti konferensi tersebut.

Lebih lanjut Khristianto menjelaskan, materi yang dipresentasikan oleh perwakilan Dosen UMP, di antaranya terkait sengketa waris sebagai bentuk legalitas kearifan lokal, kemudian faktor-faktor pendukung terhadap individu untuk menjadi seorang wirausahawan serta program pengembangan kesejahteraan rohani bagi warga lansia melalui kegiatan berbasis masjid dalam konteks budaya Islam.

Baca juga: Buka Rakornas, Mendikbud Sampaikan Peran Kebangsaan bagi Kader IMM

“Materi yang mutakhir dan berbobot dari para pembicara dan penyaji, serta workshop-workshop yang sangat praktikal untuk diterapkan di lapangan menjadi oasis bagi kelelahan yang terasa,” ujar Khristianto.

“Keindahan alam Istanbul dan keramahan saudara muslim di sana menggoreskan kesan biru yang mendalam tentang ICLEC 2019. Semoga ke depan UMP dapat mengirimkan delegasi kembali untuk hadir di Turki, Macedonia, atau Amerika Serikat,” sambungnya.

Konferensi yang berlangsung 27-29 Juni 2019 tersebut merupakan hasil kerjasama antara Medipol University, EBSCO, Ankara Yıldırım Beyazıt University (Turkey), Euro-Balkan University (Macedonia), Global Listening Center (USA), Girne American University (Cyprus), dan Cyprus Science University (Cyprus).

ICLEC diikuti perwakilan dari negara-negara seperti Turki, Irak, Arab Saudi, dan Macedonia. []

Sumber Data: Muhammadiyah.or.id
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here