Pelajar SMK Muhammadiyah Magelang Berikrar Jauhi Perbuatan Bullying di Sekolah

0
SMK Muhammadiyah Kota Magelang menggelar Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (Fortasi), Senin-Kamis (15-18/7/2019). Fortasi merupakan kegiatan rutin dalam rangka menyambut peserta didik baru.

TabloidCermin.Com, Magelang – SMK Muhammadiyah Kota Magelang menyambut peserta didik baru dengan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (Fortasi), Senin-Kamis (15-18/7/2019). Ditandai dengan penerbangan balon, Fortasi dibuka langsung kepala sekolah Atiningsih.

Baca juga: IPM Kendal Diskusikan Dinamika Kader dan Isu Penting Seputar Pelajar

Dalam sambutannya, Atiningsih menjelaskan bahwa Fortasi merupakan kegiatan rutin untuk menyambut peserta didik baru. Dalam kegiatan tersebut, peserta didik baru dikenalkan pada lingkungan sekolah dan kegiatan penunjang kreatifitas siswa.

“Semua rangkaian kegiatan yang dilaksanakan adalah upaya SMK Muhammadiyah Kota Magelang untuk membangun peserta didik yang Islami, berjiwa wirausaha, cerdas, berkualitas juga memiliki karakter pelajar milenial,” ujar Atin.

Selama empat hari, Fortasi diwarnai dengan sejumlah kegiatan yang mampu mengasah kreatifitas siswa seperti kreasi tempat sampah. Ada juga unjuk potensi siswa dalam berbagai bidang. Pada saat yang bersamaan, dilaksanakan juga pendidikan karakter berupa latihan dasar kepemimpinan. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Abu Bakrin. Peserta berasal dari kelas XI dan kelas XII.

Pihak sekolah juga mendatangkan Koramil Magelang Selatan untuk membangun kedisiplinan, keseriusan, dan fokus siswa siswa agar mejadi siswa yang cerdas dan berkualitas.

Baca juga: Pengenalan Lingkungan, 190 Siswa Baru SMP Muhammadiyah Kauman Diajak Bakti Sosial

“Kami berusaha untuk membentuk karakter peserta didik baru menjadi pribadi yang berintegritas. Harapan kami, pelatihan karakter yang diberikan oleh Koramil mampu terbangun di SMK Muhammadiyah Kota Magelang, ” kata Waka Kesiswaaan SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Widodo.

Ikrar Jauhi Perbuatan Bullying

Pada penutupan acara, para siswa membacakan Ikrar Pelajar Merangkul dan Setara yang dipandu oleh Pimpinan Ranting IPM SMK Muhammadiyah Kota Magelang. Isi Ikrar meliputi lima poin, yaitu: pertama, selalu menjaga diri dari segala bentuk kekerasan, kejahatan, pemyimpangan, fisik dan mental.

Kedua, menjauhi segala sesuatu bentuk yang menyebabkan terjadinya kekerasan dan kejahatan yang menjatuhkan martabat kehormatan diri dan orang lain. Ketiga, menjauhi tindakan yang menyakiti perasaan orang lain baik secara verbal maupun non verbal.

Keempat, mencari dan meminta pertolongan dan melaporkan segala bentuk kekerasan kepada pihak yang berwenang yaitu guru. Kelima, bertekad menjadi pribadi yang berakhlak mulia, berguna bagi agama, bangsa dan negara.

Ketua IPM Rohman berharap, siswa SMK Muhamamdiyah Kota Magelang mampu melaksanakan ikrar tersebut.

“Kami berharap bahwa semua siswa SMK Muhammadiyah Kota Magelang mampu melaksanakan ikrar tersebut sehingga SMK Muhammadiyah Kota Magelang bebas dari perbuatan Bullying,” katanya. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here