Santri Muhammadiyah Kudus Dilatih Kepemimpinan dan Peduli Masyarakat

0
Momen Siswa Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus di Bumi Perkemahan (BuPer) Ronggo Kusumo Klaling Mejobo Kabupaten Kudus. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang berlangsung selama empat hari, Jumat-Selasa (1-4/8/2019). Foto: Tim Redaksi La Tansa.

TabloieCermin.Com, Kudus – Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Jumat-Selasa (1-4/8/2019). LDK bertajuk “Melatih kedisiplinan Menuju Kepemimpinan”.

Baca juga: Pesan Haedar Nasir ke Dahnil Setelah Resmi Jadi Jubir Prabowo

LDK bertujuan melatih santriwan-santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus agar menjadi kader-kader pemimpin yang baik di masa depan. Kegiatan dikuti sebanyak 73 santriwan-santriwati kelas X MA Muhammadiyah Kudus.

“Kegiatan ini dipanitia dan diikuti oleh mereka sendiri. Jadi, mereka yang menyusun kegiatan, dan mereka pula yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut,” kata Kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus Ustadz Oemar Teguh Sabda Laksana.

LDK berlangsung selama empat hari yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama berupa materi-materi yang disampaikan di ruangan. Sesi pertama berlangsung dua hari pertama di Aula Panti Asuhan Yatim Aisyiyah Kabupaten Kudus.

Sementara sesi kedua atau terakhir berupa kegiatan praktek langsung di lapangan. Sesi ini belansung di Bumi Perkemahan (BuPer) Ronggo Kusumo Klaling Mejobo Kabupaten Kudus.

Selama dua hari satu malam di buper, santri mendapatkan materi antara lain askending (panjat tebing), repling (turun tebing), dan membidik arah mata angin dengan kompas. Materi ini diisi Tim HW Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Baca juga: IMM Jateng Akan Perangi Hoaks dan Radikalisme di Medsos

Acara unggulan di buper berupa bakti sosial kepada masyarakat. Acara ini berlangsung di sekitar buper.

“Melalui acara ini para santri dapat bersosialisasi dengan baik dengan masyarakat dan dapat menyambung tali silaturrahmi,” ujar Ustadz Oemar.

Para santri mengaku kegiatan LDK sangat bermanfaat karena dari sana mereka dapat belajar menjadi pemimpin yang baik dan belajar cara menghandel kegiatan dengan baik. Santri berharap kegiatan tersebut dapat terus berlanjut di kemudian hari. []

Reporter: Ilyas/La Tansa
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here